Mengenal Asal Usul Ronggolawe

0 289

Mengenal Asal Usul Ronggolawe

Bagi kebanyakan orang nama ini tentu asing, tapi di mata para sejarawan justru Ronggolawe adalah sosok yang sangat dikenal, bahkan lebih terkenal dari Raden Wijaya alias raja pertama Majapahit. Alasannya sendiri ada beberapa hal. Pertama, Ronggolawe adalah salah satu pilar pertama Majapahit, dan yang kedua soal pemberontakannya yang sangat menghebohkan itu.

Asal Usul Ronggolawe

Sebelum lebih jauh mendalami sosok satu ini, maka kita harus tahu dulu siapa sebenarnya tokoh pendiri Majapahit itu. Mengenai asal usul, banyak literatur yang mengatakan jika ia adalah keturunan orang besar, lebih tepatnya adalah putra Arya Wiraraja. Sosok satu ini memang bukan bangsawan, tapi ia punya kedudukan yang sangat penting di Singasari yakni sebagai penasehat raja.

Selepas jadi orang terdekat raja, Arya Wiraraja kemudian ditugaskan untuk menjadi semacam bupati di daerah Sumenep. Nah, ketika memangku jabatan inilah Arya Wiraraja memiliki seorang anak laki-laki bernama Ronggolawe yang kelak akan jadi sosok besar.

Peran Penting Ronggolawe Bagi Majapahit

Awal mula Majapahit bisa dibilang ada di skenario hidup seorang Ronggolawe. Jadi, pada awalnya ia diutus oleh sang ayah untuk membantu Raden Wijaya membuka sebuah hutan. Hutan ini sendiri awalnya dipakai sebagai tempat berburu Jayakatwang, sang raja Kediri, namun nantinya jadi pusat pemerintah Majapahit.

Raden Wijaya dan Ronggolawe mungkin awalnya hanya sebagai orang suruhan raja Kediri saja. Namun, keduanya bertekad besar untuk bisa menggulingkan kerajaan ini dan mendirikan dinasti sendiri. Prosesnya tentu sangat susah dan berdarah-darah, namun berkat loyalitas seorang Ronggolawe, Raden Wijaya pada akhirnya sanggup memangku jabatan raja.

Kecerdikan Ronggolawe Menumpas Pasukan Kediri

Berdirinya Majapahit diawali dengan momentum runtuhnya kerajaan Kediri. Nah, dinasti itu bisa hancur setelah sekian lama, salah satunya adalah karena peran seorang Ronggolawe. Ya, sosok satu ini berhasil membuat pasukan Jayakatwang tinggal kenangan.

Jadi, ceritanya ketika itu pasukan Tar-Tar datang ke Jawa untuk menuntut balas atas kejadian tak menyenangkan di masa lalu. Mendapati hal ini, Ronggolawe dan Raden Wijaya pun melakukan siasat cerdik dengan memanfaatkan pasukan Tar-Tar tersebut untuk menyerang Kediri. Strategi ini berhasil dan pada akhirnya meruntuhkan kejayaan Kediri. Tak hanya itu, setelahnya, Ronggolawe juga berjasa mengusir pasukan Tar-Tar dari tanah Jawa.

Source Mengenal Asal Usul Ronggolawe Boombastis
Comments
Loading...