Mendalami Lebih Jauh Filosofi Budaya Ngliwet

0 39

Kata ‘Ngliwet’ mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat  Indonesia. Ngeliwet sebenarnya adalah suatu nama yang digunakan untuk cara memasak nasi yang paling sederhana dengan cara mencampur air dengan beras yang sudah dicuci, kemudian merebusnya di atas api sedang hingga airnya habis dan nasi masak.

Di berbagai daerah, terdapat perbedaan cara dan nama untuk ngliwet. Kalau di tanah Sunda, biasanya memasaknya dengan ditambahi garam, rempah-rempah, serai, santan serta dengan tambahan ikan asin atau bahan tambahan lain yang diletakkan diatas nasi saat dimasak. Namun, di tanah Jawa, ngeliwet hanya istilah untuk memasak nasi yang paling simple dengan sekali meletakkan panci diatas api hingga nasi masak dan pada prosesnya tanpa ada tambahan bumbu apa-apa.

Lain hal itu, ternyata ngliwet memiliki filosofi tentang kehidupan yang harus dipahami bersama.  Filosofi tersebut mengajarkan kesabaran dan prinsip kehati-hatian. Tanpa dilandasi prisip kesabaran, seseorang tidak akan mendapatkan hasil terbaik dari ngliwet itu. Selain itu, ngliwet merupakan tradisi masak dan makan bersama yang sangat baik utuk membina kebersamaan dan keakraban diantara sesama. Memasak dan makan bersama menunjukkan arti dari filosofi ngliwet itu sendiri sebagai ciri khas kebudayaan Indonesia yang saling akrab antar satu dengan yang lainnya.

Source http://www.ulinulin.com http://www.ulinulin.com/posts/mendalami-lebih-jauh-filosofi-budaya-ngliwet

Leave A Reply

Your email address will not be published.