budayajawa.id

Mencak Sumping Kesenian Asli Suku Osing Banyuwangi

0 28

Mencak Sumping Kesenian Asli Suku Osing Banyuwangi

Suku Osing adalah penduduk asli Banyuwangi atau juga disebut sebagai larus (lare using) dan merupakan penduduk mayoritas di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyadari potensi budaya Suku Osing yang cukup besar dengan menetapkan Desa Kemiren di Kecamatan Glagah sebagai desa adat yang harus tetap mempertahankan nilai-nilai budaya Suku Osing. Desa Kemiren merupakan tujuan wisata yang cukup diminati di kalangan masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya.

Salah satu kesenian Suku Osing yang ada dan perlu dijaga kelestariannya adalah Kesenian Mencak Sumping yang ada di Dusun Mondoluko, Desa Tamanasuruh Kecamata Glagah Banyuwangi. Kesenian mencak ( pencak silat ) merupakan kesenian bela diri asli Indonesia yang sangat melekat pada kehidupan Suku Osing di Dusun Mondoluko.

Kesenian ini lahir karena aksi beladiri meraka dari kekejaman masa penjajahan VOC, sehingga salah satu tokoh masyarakat Dusun Mondoluko dikala itu memerintahkan setiap anggota masyarakatnya agar mempelajari bela diri Pencak Silat untuk melindungi diri meraka sendiri dari gangguan kekejaman VOC.

Sampai saat ini meski Indonesia telah merdeka, seni bela diri pencak silat menjadi kegiatan kesenian tahunan yang masih dipertahankan.  Pada setiap pagelaran seni pencak silat ini masyarakat Mondoluko sangat antusias dan kompak. Mereka juga mengundang dan menjamu para tamu yang hadir dari luar desa maupun dari kecamatan lain untuk mengikuti pagelaran pencak silat ini.

Yang menjadi keunikan dari setiap acara pagelaran pencak silat dilaksanakan seluruh masyarakat mondoluko menyuguhkan kue jajanan tradisional nogosari yang disebut Sumping. Sehingga pagelaran kesenian pencak silat yang ada di Dusun Mondoluko ini disebut sebagai kesenian Mencak Sumping.

Source https://traviamgz.com/ https://traviamgz.com/tonton-kesenian-asli-suku-osing-banyuwangi-di-desa-tamansuruh/
Comments
Loading...