Masyarakat Cirebon Gelar Syukuran Usai Panen Rendeng

0 241

Masyarakat Desa Sindangwasa, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka gelar pesta panen di Makam Syeh Sarif Arifin, di Desa Sindangwasa dengan dihadiri keluarga Keraton Kacirebonan pada Sabtu, 13 April 2019 malam.

Upacara diawali dengan hadirnya keluarga kerajaan yang datang menggunakan kereta kencana dari jalan raya hingga ke komplek pemakaman sejauh beberapa puluh meter sambil membawa air yang dibawa dari sumur keraton, serta membawa padi geugeusan hasil panen rendeng. Kehadirannya dikawal sejumlah ponggawa atau pasukan keraton.

Keluarga kerajaan ini disambut oleh juru kunci makam serta ratusan warga yang yang sudah menunggu sejak sore hari. Acara dimulai dengan memanjatkan doa serta mengungkapkan rasa syukur atas melimpahnya panen rendeng kali ini.

Usia berdoa dilanjutkan dengan penyerahan padi geugeusan sebagai simbol hasil panen kepada salah satu juru kunci atau kuncen Syah Syarif Arifin serta menyerahkan air dari sumur keraton sebagai lambang kesuburan. Padi selanjutnya dibagikan kepada warga untuk bibit pada tanam berikutnya.

Salah seorang warga M Hidayat mengungkapkan, acara ini digelar usai panen pertama atau panen rendeng sebagai ungkapan rasa syukur dan memohon berkah kepada Tuhan. Sedangkan tempat di Pemakaman Syeh Sarif Arifin karena pemakaman tersebut adalah makam keramat yang juga penyebar Islam di Desa Sindangwasa dan sekitarnya.

Sedangkan Charli Van Houten yang juga panitia penyelenggaraan menyebutkan, acara tersebut selain syukuran panen juga sebagai ajang silaturahmi antara keluarga keraton dengan masyarakat Sindangwasa, Cisambeng dan sekitarnya

“Kegiatan syukuran biasa dilakukan setiap usai panen raya, sekaligus sebagai upaya pelestarian budaya di wilayah Sindangwasa dan Cisambeng sekaligus acara silaturahmi keluarga kerajaan dengan warga sekitar.” kata Charli kepada wartawan Kabar Cirebon, Tati Purnawati.

Syeh Sarif Arifin sendiri adalah adik dari Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah penyebar Islam di wilayah Cirebon. Hanya Syeh Sarif Arifin di makamkan di Sindangwasa sedangkan Sunan Gunung Jati dimakamkan di Gunung Jati Cirebon.

Kedua pemakaman ini dianggap keramat. Pengunjung Makam Syeh Sarif Arifin sendiri setiap harinya sangat banyak mereka datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa bahkan dari luar Jawa terutama di bulan Maulud dan Rajab.Terkadang yang menginap di komplek pemakaman ada pula yang hanya berkunjung untuk ziarah.

Source https://www.pikiran-rakyat.com https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2019/04/14/masyarakat-cirebon-gelar-syukuran-usai-panen-rendeng
Comments
Loading...