Marawis: Kesenian Tradisional dari DKI Jakarta

0 36

Marawis merupakan sebuah alat musik tepuk / pukul yang bentuknya hampir menyerupai rebana. Perbedaan Marawis dengan Rebana yang paling terlihat adalah bentuk Marawis yang gempal, sedangkan Rebana agak pipih dan lebar. Marawis juga kental akan unsur religinya karena syair lagu yang dibawakan biasanya mengandung puja-puji terhadap Tuhan.

Nama alat musik tradisional DKI Jakarta ini juga digunakan sebagai grup musik yang anggotanya kebanyakan bermain Marawis. Salah satu teknik yang cukup dikenali pemain marawis adalah teknik Zapin. Teknik pukulan ini mengiringi lagu-lagu yang gembira seperti berbalas pantun.

Marawis juga bisa dibilang sebuah Grup musik yang anggotanya didominasi dengan alat musik Marawis. Jumlah pemain dalam sebuah grup marawis biasanya 12- 14 pemain, terkadang juga ada yang lebih. Dalam sebuah grup marawis juga ada alat musik tambahan seperti hajir (gendang besar) dan tumbuk (bentuknya seperti tifa)

Selain itu irama yang dimainkan alat musik Marawis juga tidak sembarangan, ada teknik yang digunakan untuk memukul marawis (ada musik tanya dan ada yang jawab) dan biasanya juga ada 1 orang atau lebih yang memainkan irama berbeda sendiri, orang inilah yang bertugas mengatur tempo dari marawis dan memperindah suara yang dihasilkan.

Source https://alatmusikindonesia.com/alat-musik-tradisional-jakarta/ alatmusikindonesia.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.