Manfaat Tari Jaipong

0 188

Tari Jaipong

Tari jaipong adalah salah satu seni budaya kebanggaan yang dimiliki Indonesia terutama daerah Bandung Jawa barat. Tari jaipong merupakan salah kebudayaan jawa. Tarian yang unik ini pertama kali dipelopori oleh seniman berbakat berdarah Sunda yang bernama Gugum Gumbir. Namun pencipta dari semua gerakan tariannya justru pertama kali dibudidayakan oleh seniman bernama H. Suanda yang berasal dari Karawang pada tahun 1976.

Manfaat Tari Jaipong

  1. Sebagai identitas dari kesenian budaya tradisional yang berasal dari Bandung Jawa barat supaya seluruh rakyat Indonesia dapat mengetahui.
  2. Dapat dipakai sebagai tarian penyambutan tamu tamu penting atau kertabat yang sedang melangsungkan hajat pernikahan atau pesta lain.
  3. Dapat membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme pada generasi muda. Selanjutnya agar rasa kecintaan terhadap kekayaan seni budaya tradisional Indonesia tetap terjaga dengahn baik.
  4. Sebaiknya dilestarikan dan dipertahankan keberadaan tari jaipong. Agar tidak pernah punah ditelan waktu atau untuk mencegah. Agar tidak ada bangsa tetangga yang mengaku bahwa seni tari jaipong adalah miliki mereka
  5. Memperkokoh rasa kesatuan dan persatuan dengan daerah lain yang ada di Indonesia. Agar timbul semangat kebersamaan, semangat persaudaraan dan rasa saling satu sebagai warga Indonesia yang berbhinneka tunggal ika.
  6. Sebagai ciri khas atau pembeda dari tarian tradisional dari daerah lain. Agar siapapun dapat mengetahui  dari daerah atau provinsi mana tarian tersebut. Hanya dengan cara melihat tariannya dan mendengarkan musiknya saja.
  7. Untuk dijadikan salah satu hiburan masyarakat melalui pertunjukkan rakyat atau pada panggung panggung hiburan. Pada awalnya sengaja dilakukan dan ditujukan untuk pelestarian tari tradisional.
  8. Agar dapat dilestarikan sebagai seni tari yang memiliki nilai seni yang tinggi dimancanegara. Guna untuk memperkenalkan keragaman budaya yang majemuk dan kaya akan tradisi yang tidak mudah dihancurkan oleh tarian dari budaya barat. Untuk menunjukkan pada generasi muda bahwa tarian tradisional jaipongan adalah
  9. Kekayaan budaya yang sangat unik dan tidak dimiliki bangsa lain
  10. Sebagai bukti dimasa depan bahwa tarian jaipong adalah tarian yang membutuhkan stamina kuat, keluwesan tertentu, sarat dengan gerakan gerakan yang mengandalkan keseimbangna gerak dan musik
  11. Menunjukan pada seniman sunda untuk tetap mempertahankan seni jaipong. Sebagai jati diri sebuah seni tari yang dapat menyampaikan pesan pesan tertentu didalamnya.
  12. Sebagai kebanggaan masyarakat Bandung. Sebagai bagian dari seni tari yang masih bertahan hingga saat ini dan tidak kalah dari seni tari daerah lain.
  13. Sebagai salah satu warisan nenek moyang yang membuktikan pada masyarakat Bandung. ahwa tarian Jaipong tidak ada yang menyamai dari segi tata riasnya atau gerakan dan musiknya. Sebagai satu satunya tarian unik milik orang orang sunda.
  14. Dapat dijadikan sebagai pemasukan devisa negara dalam rangka mempromosikan pariwisata didaerah Jawa Barat. Dapat menyuguhkan tentang sejarah dan kekayaan budayanya pada para wisatawan agar tetap lerstari
  15. Dapat meningkatkan kepopuleran nama baik Bandung sebagai daerah yang kaya dengan seni budaya tradisional dan meningkatkan kepopuleran nama daerah yang mempunyai seni tari jaipong.
  16. Riwayat lahirnya tari jaipong bisa menjadi inspirasi baru yang lebih baik bagi para seniman yang baru  didaerah lain agar lebih kreatif dalam memajukan seni budaya tari mereka masing masing dengan lebih maju.
  17. Agar meningkatkan kreatifitas generasi muda dalam mengembangkan seni tari  jaipong yang mungkin saja bisa dikelaborasikan dengan musik atau gerak tarian yang lebih berbeda dengan yang lain agar keunikan dan nilai estetikanya semakin kuat.
  18. Dapat sebagai penggerak rasa semangat dan kreatifitas untuk bersaing secara sehat dengan daerah lain dalam mempertahankan budaya masing masing dengan rasa cinta dan bangga.
  19. Agar generasi muda dapat lebih mencintai tarian jaipong ketimbang tarian dari negara lain yang belum tentu mempunyai nilai estetika dan pesan yang sesuai dengan tata cara kehidupan berpancasila.
  20. Dapat dijadikan tari pembuka pada sebuah festifal dan pertunjukan yang menyuguhkan hiburan yang berskala international agar pertunjukan nampak lebih spektalkuler, misalnya sebagai musik dan tari pembuka diacara band lokal atau mancanegara demi sebuah tujuan tertentu yang berhubungan dengan promosi atau pergelaran secara individu dari sang artis.
  21. Sebagai simbol kemajemukan budaya agar negara lain memahami bagaimana besarnya arti bhinneka tunggal ika didalam kemajemukan budaya yang dimiliki Indonesia, yang telah mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan Negara kesatuan Republik Indonesia sejak pertama proklamasi kemerdekaan diumumkan hingga saat ini.
  22. Dapat menyehatkan tubuh karena gerakan gerakannya mampu membakar lemak, mengurangi resiko terjadinya penggumpalan gula berlebih dalam darah dan dapat menyehatkan jaringan jantung.
Source https://ilmuseni.com/ https://ilmuseni.com/seni-pertunjukan/seni-tari/manfaat-tari-jaipong
Comments
Loading...