Manfaat Permainan Tradisional Congklak Jawa Timur

0 599

Manfaat Permainan Tradisional Congklak Jawa Timur

1.Melatih motorik halus

Cara bermain Congklak adalah dengan mengambil biji sawo kecik dan memasukkan nya ke setiap lubang sampai habis dan kemudian mengambil lagi dan seterusnya. Kegiatan tersebut melatih anak untuk mengasah kemampuan motorik halus-nya. Karena ketika  tangan anak sudah luwes dan anak sudah mampu memasukkan biji sawo dengan benar, anak akan lebih siap untuk belajar menulis.

2.Belajar berhitung

Dari permainan tersebut anak belajar untuk menghitung jumlah sawo kecik dalam setiap lubang. Sehingga tidak terasa anak belajar berhitung sambil bermain. Hal tersebut sangat baik untuk perkembangan berhitung dari anak tersebut.

3.Belajar memahami aturan

Mengajarkan anak untuk belajar hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Sehingga secara tidak langsung anak belajar untuk memahami aturan.

4.Belajar sabar

Ketika sawo kecik yang dimiliki lawan belum masuk ke lubang yang kosong berarti lawan akan bermain terus, itu artinya anak harus bersabar untuk menunggu giliran ia bermain, hal ini juga mengajarkan anak untuk bisa menghargai temannya yang lain.

5.Belajar jujur

Sawo kecik yang dimasukkan ke lubang harus satu persatu, dalam hal ini, apakah anak juga memasukkan satu persatu ke dalam lubang? ataukah memasukkan semua biji sawo kecil tersebut secara bersamaan? Sehingga dari hal tersebut bisa melatih kejujuran sang anak, hal tersebut sangat baik untuk membentuk watak dari sang anak ke depannya.

 

Source Manfaat Permainan Tradisional Congklak Jawa Timur dunia anak
Comments
Loading...