Manfaat Dan Mitos Bunga Cempaka Putih

0 541

Manfaat Dan Mitos Bunga Cempaka Putih

Tanaman yang mempunyai bunga berwarna putih dan berbau harum dengan tinggi pohon mencapai 30 meter biasa disebut dengan Cempaka Putih.

Mitos yang berkembang di masyarakat, harum yang di timbulkan dari Cempaka Putih yang khas sangat disukai oleh kuntilanak, sejenis makhlus halus berjenis kelamin perempuan. Kuntilanak, menurut mitos ini, sering menjadikan pohon Cempaka Putih sebagai rumah tempat tinggalnya.

Adapun ciri-ciri dari tanaman Cempaka Putih  yaitu :

-Mempunyai tinggi yang mampu mencapai 30 meter dan mempunyai batang yang berkayu.

-Pada ranting-ranting pohon Cempaka Putih ditumbuhi bulu-bulu halus.

-Warna dari bulu-bulu halus adalah keabu-abuan.

-Daunnya berbentuk bulat telur dan berwarna hijau.

-Tangkai daun lumayan panjang, mencapai hampir setengah panjang daunnya.

-Mempunyai bunga berwarna putih yang mempunyai bau harum yang khas.

-Tanaman yang dimitoskan sebagai rumah kuntilanak ini jarang ditemukan mempunyai buah karena itu perbanyakan dilakukan secara vegetatif. Dan hanya berupa bunga putih saja.

Manfaat dari bunga Cempaka Putih ini mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, terutama di Jawa Tengah. Bunga tersebut  banyak di gunakan pada upacara perkawinan terutama sebagai hiasan sanggul dan keris. Bunga Cempaka Putih juga untuk bunga kematian.

Nama lain dari Cempaka Putih ialah bunga kantil. Dalam bahasa Jawa berarti menggantung seperti halnya bunga ini. Bunga Cempaka Putih mempunyai makna ritual ‘kemantilkantil’ yang berarti selalu ingat dimanapun berada dan selalu mempunyai hubungan yang erat sekalipun sudah berbeda alam.

Secara medis, bunga, batang, daun dari bunga ini mengandung alkaloid mikelarbina dan liriodenina yang mempunyai khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik.

Karena kandungan yang dipunyainya, Cempaka Putih  dipercaya dapat menjadi obat alternatif bagi berbagai penyakit seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostata, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Serta dapat digunakan untuk yang lainnya.

Source Manfaat Dan Mitos Bunga Cempaka Putih alamendah's blog
Comments
Loading...