Makna Yang Terkandung Dalam Tradisi Memitu Di Indramayu

0 50

Makna Yang Terkandung Dalam Tradisi Memitu Di Indramayu

Memitu atau memiton adalah sebuah upacara tradisi masayarakat Indramayu atau masyarakat Jawa pada umumnya yang dilaksanakan oleh sepasang suami istri yang sedang menantikan anak pertama. Seperti istilahnya yaitu memitu yang berasal dari kata ‘mitu’ yang dalam bahasa Jawa berarti tujuh, upacara ini dilaksanakan tepat ketika usia kehamilan sang istri yang bersangkutan menginjak usia tujuh bulan, dan biasanya dilaksanakan antara tanggal 7, 17, dan 27 dalam hitungan kalender Jawa disesuaikan dengan kesiapan yang bersangkutan.

Maksud dan Tujuan Upacara Memitu

Maksud dan tujuan dilaksanakannya upacara ini yaitu bersyukur kepada Allah SWT, karena rumah tangganya dibarokahi dengan diberi keturunan. Selain itu adalah memohon agar diberi keselamatan baik bagi si ibu maupun jabang bayi pada saat melahirkan nanti. Disamping juga memohon agar si jabang bayi lahir dengan tanpa cacat dan menjadi anak yang baik, berbakti kepada orang tua dan membawa pengaruh sejahtera kelak hidup di dunia.
Prosesi upacara memitu yang biasanya dilaksanakan di halaman rumah dan dipimpin oleh seorang lebe atau sesepuh kampung ini dibuka dengan membaca salah satu surah dalam Al-Qur’an yakni surah Lukman atau surah Yusuf dengan harapan anak yang dilahirkan nanti memiliki budi pekerti seperti Lukman ataupun memiliki ketampanan seperti halnya nabi Yusuf dan menutupnya dengan doa Al-Barokah. Setelah pembacaan salah satu surah dalam Al-Quran selesai barulah kemudian dilaksanakan acara inti yakni upacara mandi yang dilakukan sepasang suami istri yang sedang mengandung tersebut. Upacara mandi ini dipimpin oleh dukun beranak atau paraji.
Source https://www.tosupedia.com https://www.tosupedia.com/2018/04/makna-yang-terkandung-dalam-tradisi-memitu-di-indramayu.html
Comments
Loading...