Makna Tembang Macapat Sinom

0 10.741

Makna Tembang Macapat Sinom

Tembung Sinom memiliki istilah yaitu Daun yang muda. Pengertian tembang Sinom juga berarti enom, si enom atau isih enom dalam bahasa Indonesia artinya masih muda. Tembang Sinom ini beda maknanya dengan sinoman, kalau sinoman itu orang yang menyuguhkan atau memberikan makanan pada acara pernikahan.

Adapun Watak Dari Tembang Sinom

Watak dari tembang Sinom diantaranya yaitu :

1.Wata semangat dan bijaksana.

Watak semangat ini tentu saja berkaitan dengan masa muda. Masa mudalah masa yang digunakan untuk mencoba apa saja. Hikmahnya, masa muda adalah masa untuk menghabiskan kegagalan. Jangan sampai sudah tua baru mencoba-coba. Sehingga sebisa mungkin manfaatkan waktu muda secara optimal dengan hal-hal yang bermanfaat.

2.Watak kebijaksanaan.

Pada waktu muda memang sering mencoba, sering salah namun semua itu tidak lain digunakan untuk mencari sebuah kebijaksanaan. Berhati-hatilah sewaktu muda jangan sampai kamu mengambil jalan yang salah dan dapat merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

Dalam tembang macapat sinom, pemuda dalam pandangan Jawa adalah pemuda yang digambarkan dengan gagah perkasa, bijaksana dan sakti. Bagi setiap orang Jawa semua ini ada makna dan anggah ungguh atau tata krama. Dalam melakukan suatu hal sebaiknya di pikirkan terlebih dahulu, sebagai anak muda sebaiknya lebih bijaksana di bandingkan masa kanak-kanak dahulu.

Source Makna Tembang Macapat Sinom accademid indonesia.com
Comments
Loading...