Makna Tembang Macapat Mijil

0 2.251

Tembang Macapat Mijil

Adapun makna dari tembang Macapat Mijil yaitu :

-Meberitahukan kepada kita bahwa Allah-lah yang Maha Berkehendak.

Contoh dari tembang mijil ini yaitu dengan berbakti kepada kedua orang tua.

Dalam Jawa berbakti kepada orang tua menjadi sebuah keharusan. Siapa yang durhaka, maka akan mendapatkan hitamnya dosa dan murka.

Adapun Watak Tembang Mijil

Watak tembang macapat sendiri adalah :

-Welas asih,

-laku prihatin,

-pengharapan dan nasehat penuh cinta.

Watak welas asih merupakan watak lemah lembut kepada alam maupun kepada manusia. Watak tersebut sangatlah baik untuk diri seorang manusia.

Watak yang lain dari tembang ini yaitu  pengharapan. Harapanlan yang membuat bahagia. Dengan harapan, gairah hidup manusia akan senantiasa bertambah. Harapan-harapan inilah yang nantinya akan menghiasai perjalanan anak adam.

Watak yang paling terakhir yaitu watak laku prihatin. Laku prihatin adalah mengkonsumsi sesuatu dengan secukupnya. Arti cukup sendiri bukan sejahtera, namun cukup di sini adalah kesederhaan dalam hal berperilaku. Perlu di ketahui bahwa rasa tamak dan serakah tidak baik pada diri seorang manusia.

Adapun contoh dari laku prihatin sendiri bila dikaitkan dengan pengharapan adalah sebuah usaha. Maka semakin laku prihatin seseorang tinggi, maka akan semakin berhasil pula pengharapan yang selama ini didamba-dambakan. Demikian watak yang ada pada tembang macapat yang kedua ini yaitu tembang mijil.

 

Source Makna Pada Tembang Macapat Mijil accademid indonesia.com
Comments
Loading...