Makna Tembang Macapat Megatruh

0 3.853

Makna Tembang Macapat Megatruh

Salah satu tembang macapat yang menggambarkan tentang kondisi manusia di saat sakaratul maut tergambar dalam tembang macapat megatruh. Kata megatruh sendiri dipercaya berasal dari kata megat atau pegat (berpisah) dan ruh, yang artinya berpisahnya antara jiwa dan raga. Sehingga dapat di artikan sebagai meninggalnya seseorang.

Ciri dari tembang macapat Megatruh yaitu :

  1. Memiliki Guru Gatra : 5 baris setiap bait.
  2. Memiliki Guru Wilangan : 12, 8, 8, 8  artinya baris pertama terdiri dari 12 suku kata, baris kedua berisi 8 suku kata, dan seterusnya.
  3. Memiliki Guru Lagu : u, i, u, i, o artinya baris pertama berakhir dengan vokal u, baris kedua berakhir vokal i, dan sebagainya

Proses di mana setiap makhluk hidup di dunia pasti akan mengalaminya, proses yang menegangkan sekaligus menyakitkan bagi banyak orang, proses terbukanya gerbang menuju kehidupan yang tak pernah ada akhirnya.

Bagi orang yang memiliki iman para pemuka agama sangat meyakini bahwa ruh akan lepas dengan mudah dan ringan. Bagi orang yang beriman Malaikat akan datang dan mengambil nyawanya dengan kesan yang baik serta menggembirakan. Sehingga hal ini sangat di idamkan dan di harapkan oleh orang yang masih hidup.

Sifat dan karakter dari tembang macapat Megatruh yaitu :

-Diantara sifat itu yaitu sedih,

-prihatin,

-“getun” atau kesal ,

-menyesal.

Tembang macapat ini sangat cocok untuk cerita yang mengandung rasa penyesalan, prihatin, sedih, karena pada dasarnya penyesalan datang di akhir.

 

Source Makna Tembang Macapat Megatruh kesolo.com
Comments
Loading...