Makna Tembang Macapat Kinanthi

0 3.794

Makna Tembang Macapat Kinanthi

Masa-masa pembimbingan menjadi manusia utuh merupakan makna kinanthi secara sederhana. Pada proses pembimbingan, fase ini memerlukan kesabaran bagi para orang tua untuk menemukan karakter yang tidak lupa akan Jawa, akan tetapi  juga mampu bersaing dengan dunia global.

Pada tembang kinanthi ini dalam perjalanannya, manusia mempunyai peran penting yakni otak sebagai laboratorium pengalaman yang akhirnya nanti akan diputuskan menjadi sebuah sikap. Sehingga, sikap itulah yang nantinya terbiasa dan akan menjadi karakter. Otak harus senantiasa dibiasakan dengan hal yang baik sehingga akan menciptakan karakter yang baik pula.

Adapun Watak Dari Tembang Macapat

Watak tembang macapat diantaranya yaitu :

Watak  kasmaran

Pada waktu masa-masa muda menuju perbaikan diri seperti inilah masa-masa yang di dalamnya ada perasaan terhadap lawan jenis.

Apabila mau mengingat masa lalu, tentu saja masa-masa itu juga pernah kita alami sebelumnya. Sewaktu bertemu dengan lawan jenis pasti kita ingin tampil sempurna baik dari fisik maupun akhlak. Hal inilah yang menitikberatkan mengapa dalam tembang macapat kinanthi watak kasmaran ada tambahannya dengan watak senang dan asih.

Setiap tembang macapat pasti memiliki watak dan juga makna masing-masing yang pada dasarnya hal tersebut sudah di ketahui oleh masyarakat Jawa. Tembang macapat juga kental akan makna dalam suatu kehidupan ini, terkadang kehidupan tercermin di dalam tembang-tembang macapat.

 

Source Makna Tembang Macapat Kinanthi accademicindonesia.com
Comments
Loading...