Makna Ruwatan Seni Bangreng

0 19

Makna Ruwatan Seni Bangreng

Dengan merujuk pada istilah kata ritual pada berbagai upacara dalam keagamaan sebagai manifestasi dari konsep doktrin agama atau kepercayaan yang dipegang teguh oleh masyarakat yang merupakan bentuk nyata dari ungkapan ritual masyarakat yang merupakan hak asasi dari setiap insan manusia akan sesuatu yang diluar kemampuannya sebagai makhluk tak berdaya. Data-data yang telah diuraikan pada sebelumnya merupkan alasan yang kuat sebagai pembuktian pernyataan ini.

  • Data pertama yaitu adanya usaha mempertautkan kegiatan ruwatan dengan ajaran agama Islam malalui pelibatan Ustadz sebagai juru doa ke hadirat Allah SWT sebagai satu sumber ke-kuatan yang menaungi jagat ini.
  • Data kedua menyebutkan bahwa acara ini dilakukan sebagai sarana memuja dan menghormati leluhur yang dianggap sebagai jembatan penghubung antar manusia dengan satu kekuatan yang maha dahsyat, di lain pihak masyarakat percaya bahwa kejadian-kejadian alam ini ada hubungannya dengan dunia transenden yang tidak terjangkau oleh manusia dalam wujud kasar.

Makna sosial lebih jelas terlihat realitasnya pada acara ruwatan, dimana warga mayarakat bahu membahu menyelenggarakan acara ini tanpa mengenal usia atau strata sosial. Semangat kebersamaan dalam bermasyarakat ditunjukan mulai dari persiapan dengan mengadakan musyawarah sebagai jalan pemecahan masalah. Kemudian pada pelaksanaan acara ruwatan dilakukan secara gotong royong dari mulai pendanaan hingga persiapan panggung dan urusan makanan dikerjakan secara bersama-sama. Maka jelaslah bahwa acara ini merupakan momen dalam rangka memupuk tali kekeluargaan dan persaudaraan.

Pada pertunjukan seni bangreng pada acara ruwatan memiliki makna simbolis sebagai penolak bala dan penghormatan serta pemujaan terhadap roh-roh nenek moyang. Hal ini tercermin pada sajian pembuka dengan menyajikan lagu-lagu buhun sebagai lagu kesenangan para arwah leluhur sebgai symbol pengakuan terhadap eksistensi roh-roh gaib disekitar manusia.

Source https://www.tradisikita.my.id/ https://www.tradisikita.my.id/2016/09/mengenal-tradisi-seni-bangreng.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.