Makna Ruwatan ( Buang Sengkolo )

0 32

Makna Ruwatan ( Buang Sengkolo )

Ruwatan atau Buang Sengkolo adalah merupakan tradisi orang jawa yang berkembang pertama kali dari lingkungan orang Kuno pada jaman – jaman Raja (Keraton). Dan tradisi ruwatan disini berhubungan dengan Ritual/ upacara sakral guna perbaikan kualitas serta jati diri serta penampilan seseorang, dengan cara / teknik khusus dan teknik yang di pakai biasanya berbeda – beda hanya saja tujuanya sama. Dalam era berkembangnya jaman banyak istilah yang sudah di pakai mengikuti alur Moderen agar dengan mudah di pahami Misal : Buka Aura, Bedah Aura, Pembersian Energi Kotor dls. Hal tersebut supaya mudah dipahami oleh semua lapisan baik orang jawa, orang sunda, orang batak dls.

Presepsi Ruwatan/Buang Sengkolo dalam tradisi Jawa banyak sekali keuntungannya yang akan menyebabkan dampak positif kepada diri orang yang telah diruat.

Diantaranya:

Ruwatan atau Buang sengkolo dapat membuang energi megatif dalam tubuh dan akan menggganti energi positif, karena energi yang kotor dapat mempengaruhi pola hidup manusia. Misal : 

  1. Sengkolo ” KEBO KEMALI” orang yang kena sengkolo ini biasanya akan sulit mendapatkan jodoh Misal : anda seorang gadis berparas cantik tapi di usia 30 lebih belum ada laki – laki yang datang untuk menyunting untuk di jadikan istri. Gamblangnya : jika anda suka laki laki dia tidak merespon, jika laki-laki sudah suka anda yang tidak cocok, jika sama – sama suka keluarga tidak merespon. Yang jelas ada saja masalah yang menghambat agar prosesi hubungan anda tidak dapat belangsung, tanpa anda sadari jika dalam kenyataan ternyata ada terkena sengkala tersebut di atas. Dan dampak Sengkolo bukan haya itu saja masih banyak seperti jatuh bangun dalam usaha sampai habis habisan, sakit sakitan yang sampai dokterpun tidak sanggup mengobati, efek belajar ilmu hingga gila dls
  2. Ruwatan juga dilakukan untuk tanah yang akan kita tempati ( didirikan rumah ) guna keamanan dari serangan Ghoib / terror makluk halus.
  3. Ruwatan Bumi dilakukan guna keamanan kita terhindar dari mala petaka yang disebabkan karena factor alam yang kurang bersahabat.
  4. Dan banyak lagi kriteria yang perlu diruwat berdasarkan kelahiran Misal : anak lahir ontang anting ( lahir sendiri tanpa adik/ kakak ) dan lahir dua orang laki dan perempuan , songgo mayit 3 saudara kali semua/ perempuan semua ( jika 3 orang perempuan di tengah dan 2 laki menghapit perempuan disebut sendang kapit pancuran ) jika 5 0rang laki 2 semua namanya Pendowo limo dan masih banyak lagi yang lain.
Source https://kibintangtimur.wordpress.com/ https://kibintangtimur.wordpress.com/penjelasan-makna-ruwatan-buang-sengkolo/

Leave A Reply

Your email address will not be published.