budayajawa.id

Makna Rante Kuku Macan dan Jam Rante dalam Busana Pria Betawi

0 30

Adat betawi merupakan adopsi dari beberapa negara, sebut saja Arab dan China. Pakaian adat pengantin betawi sendiri misalnya, pakaian pria diadopsi dari busana arab, sementara pakaian wanitanya diadopsi dari busana China, namun ketika mereka bersanding di pelaminan maka jadilah busana betawi. Tidak hanya pakaian pengantinnya tetapi juga pakaian keseharian masyarakat betawi, dalam pakaian adat betawi, terdapat makna dan arti tersendiri. Aksesoris yang biasa dipakai adala Rantai Kuku Macan dan Jam Rante.

Rante kuku macan disematkan pada lubang kancing di lubang nomer dua Jas Aksesoris pria Betawi ini biasa dikenakan pada saat memakai baju kebesaran Abang Jakarta atau Demang, disematkan pada lubang kancing di lubang nomer dua Jas. Makna Rante Kuku macan sendiri adalah simbol kegagahan seorang Abang (pria Betawi), sementara pada Jas Demang atau Ujung Serong mengenakan Rante Duit Gobang atau Benggol atau Jam Rante sebagai simbol kemakmuran, karena konon hal tersebut menandakan status sosial dimasyarakat Betawi yaitu sebagai Tuan Tanah, yang terkenal kaya raya.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2014/09/15/perhiasan-tradisional-betawi/ gpswisataindonesia.wordpress.com
Comments
Loading...