Makna Prosesi Midodeareni dalam Pernikahan Adat Jawa

0 125

Makna Prosesi Midodeareni dalam Pernikahan Adat Jawa

Makna prosesi midodareni dalam pernikahan Jawa adalah prosesi malam dimana calon mempelai pria datang dan menghantarkan serah-serahan ke calon mempelai wanita. Selain itu di isi dengan perkenalan antar kedua keluarga besar dan nasehat dari orang tua calon pengantin wanita kepada calon menantu. Namun, pengantin pria dilarang melihat calon pengantin wanita pada malam prosesi midodareni, yang memang sengaja ‘disembunyikan’ di dalam kamar.

Pada malam itu, konon katanya para bidadari dari kayangan akan turun ke bumi dan bertandang ke kediaman calon pengantin wanita, untuk memberikan wahyu yang akan menyempurnakan dan mempercantik pengantin wanita. Saat ini, makna prosesi midodareni dalam pernikahan Jawa seperti melakukan ritual-ritual adat, bisa dipandang sebagai bentuk perwujudan dan penghormatan kepada budaya leluhur. Dan rasanya bukan lagi merupakan suatu kewajiban yang mengikat. Bagi anda yang memang memiliki darah keturunan Jawa, sebaiknya anda bisa menentukan dengan cara berunding dengan keluarga untuk konsep pernikahan seperti apa yang akan digunakan. Sebab dengan kesepakatan kedua keluarga, tentunya akan memudahkan anda dan pasangan dalam merancang sebuah konsep pernikahan.

Jika berniat melaksanakan dengan konsep Jawa, maka ada baiknya jika dilakukan dengan prosesi adat yang sesuai pakemnya. Sehingga pernikahan lebih terasa kesakralan dan khidmatnya. Pernikahan yang menjadi momen penting dalam hidup akan terkenang hingga tua nanti. Sehingga buatlah konsep pernikahan yang matang , agar mimpi pernikahanmu dapat terwujud dengan indah.

Source Makna Prosesi Midodeareni dalam Pernikahan Adat Jawa Seputar Pernikahan
Comments
Loading...