Makna Pepatah Jawa “Sapa Serakah Ora Berkah”

0 470

Makna Pepatah Jawa “Sapa Serakah Ora Berkah”

Pepatah ini menjadi semacam peringatan akan perilaku, niatan, tindakan, dan perbuatan orang supaya tidak serakah karena keserakahan tidak akan mendatangkan berkah.

Peribahasa atau pepatah Jawa “Sapa Serakah Ora Berkah” secara harafiah berarti siapa serakah pasti tidak berkah. Pepatah ini menjadi semacam peringatan akan perilaku, niatan, tindakan, dan perbuatan orang supaya tidak serakah karena keserakahan tidak akan mendatangkan berkah. Berkah sendiri bisa dimaknai sebagai nikmat (dalam pengertian yang luas), karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Niat, nafsu, kehendak, perbuatan, tindakan yang didasari keserakahan dipercayai oleh masyarakat Jawa, dan(masyarakat pada umumnya, tidak akan mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia. Contohnya adalah korupsi. Korupsi selalu berimplikasi pada kerugian pihak lain oleh karena perbuatan si koruptor.

Si koruptor mungkin merasa untung karena bisa mengambil barang, uang, atau sesuatu yang sebenarnya bukan menjadi haknya. Akan tetapi apa yang dilakukannya sebenarnya juga akan merugikan dirinya sendiri karena apa yang diambilnya di luar haknya nilai spiritual atau rohaniahnya dipercaya sebagai tidak ada. Bahkan sering dianggap bahwa orang yang demikian sesungguhnya sedang memasukkan “sampah” ke dalam dirinya baik secara fisik maupun spiritual. Hal inilah yang dianggap sebagai tidak mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia (baik diri sendiri) maupun orang lain.

Keserakahan bisa muncul karena faktor iri hati, tidak puas dengan apa yang didapatkan, sengaja mencari celah untuk menikmati ketidakadilan atau ketidakbenaran, dan seterusnya dengan orientasi untuk kenikmatan, kesenangan, kebanggaan, dan sebagainya bagi dirinya sendiri semata. Keserakahan bisa muncul pada sisi apa saja, entah itu berkaitan dengan harta benda, uang, jabatan, ketenaran, kehormatan, dan lain-lain.

Source http://arsip.tembi.net http://arsip.tembi.net/edukasi/sapa-serakah-ora-berkah
Comments
Loading...