Makna Pepatah Jawa, Becik Kethitik Ala Ketara

0 132

Dalam kearifan lokal, kita mengenal ungkapan atau  filosofi jawa yang yang hingga kini masih sering kita dengarkan dan kita baca dalam sebuah buku, atau dimanapun memang memiliki makna yang mendalam. maka tak heran jika filosofi tersebut masih bertahan hingga sekarang. filosofi jawa yang populer tersebut adalah “becik ketitik olo ketara”

Makna Becik ketitik, Ala ketara

Sebuah filosofi jawa yang hemat kata namun sarat akan makna. Becik dalam bahasa Indonesia berarti baik atau kebaikan , sedangkan kethitik berarti  terungkap, sedangka  ala berarti keburukan, dan ketara berarti terlihat atau nampak. jadi becik kethitik ala ketara mempunyai arti kebaikan pasti akan terungkap, dan keburukan atau kejahatan pasti akan terlihat atau nampak pada waktunya.

Dijaman sekarang, seolah olah apapun akan dilakukan untuk mencapai yang diinginkan, korupsi , penipuan, hasut menghasut, masih marak terjadi.Kian rusaknya moral manusia tentu menjadi penyebab terjadinya berbagai tindakan tersebut. oleh karenanya para  leluhur kita memberikan sebuah pesan yang mendalam, becik kethitik, ala ketara.

adi berita Tv misalnya, sering kita melihat beberapa kasus penyelundupan  Narkoba atau obat obatan terlarang misalnya, bertahun tahun ditutupi namun akhirnya terbongkar juga. itulah contoh dari becik ketitik ala ketara, dimana setiap keburukan pasti lambat laun akan terungkap, sama seperti pepatah yang mengatakan ” sepandai pandainya bangkai ditutupi, baunya tetap tercium juga”.

Source http://wartajowo.blogspot.com http://warthttp://wartajowo.blogspot.comajowo.blogspot.com/2018/08/makna-pepatah-jawa-becik-kethitik-ala.html
Comments
Loading...