Makna Pepatah Jawa “Aja Ngandelake Apa Wae Kang Ora Kangerteni”

0 77

Makna Pepatah Jawa “Aja Ngandelake Apa Wae Kang Ora Kangerteni”

Pepatah ini menyarankan agar apa pun yang tidak kita diketahui jangan pernah dipercaya atau diandalkan. Untuk percaya pada sesuatu atau mengandalkan sesuatu kita harus tahu atau mengerti benar apa yang akan kita percayai atau andalkan itu. Pepatah atau peribahasa di atas secara harafiah berarti jangan mengandalkan apa pun yang tidak kita ketahui.

Pepatah ini menyarankan agar apa pun yang tidak kita diketahui jangan pernah dipercaya atau diandalkan. Untuk percaya pada sesuatu atau mengandalkan sesuatu kita harus tahu atau mengerti benar apa yang akan kita percayai atau andalkan itu. Tanpa tahu atau mengerti benar, maka kita bisa terjerumus atau kehilangan arah. Pepatah ini juga menegaskan bahwa sebaiknya kita jangan mudah ikut-ikutan tanpa mengerti benar duduk persoalannya.

Mengandalkan sesuatu yang tidak kita diketahui atau dimengerti pada hakikatnya sama dengan orang buta menuntun orang buta. Dengan demikian, pepatah ini juga menyarakankan agar apa pun yang kelihatannya manis, baik, menyenangkan, menimbulkan rasa ingin hendaknya lebih dulu kita diketahui dengan sungguh-sungguh, dimengerti sungguh-sungguh karena hal itu belum tentu sesuai dengan yang senyatanya. Belum tentu hal itu murni. Hal-hal yang membuat kita merasa ingin (memiliki, mengetahui, mengalami, menikmati, dan sebagainya) dapat saja di dalamnya berisi ketidakmurnian, kepalsuan, dan lain-lain yang justru akan menyengsarakan atau menjerumuskan kita.

Source http://arsip.tembi.net http://arsip.tembi.net/edukasi/aja-ngendelake-apa-wae-kang-ora-kangerteni
Comments
Loading...