Makna Pepatah Gugon Tuhon

0 23

Makna Pepatah Gugon Tuhon

Gugon tuhon lebih menggambarkan kepercayaan akan sesuatu yang tidak berdasarkan logika dan olahan akal budi. Kepercayaan yang dipercaya begitu saja tanpa memahami benar dalil-dalilnya.

Pepatah, ungkapan, atau peribahasa Jawa “gugon tuhon” secara harafiah berarti percaya (sesuatu), taat/menuruti (sesuatu).

Gugon tuhon umumnya masih sering dipegang atau menjadi pedoman bagi orang-orang yang tidak atau kurang mengerti dasar penalaran atau logika dari suatu fenomena, gejala, peristiwa yang dialami atau dilihatnya.

Sebagai satu contoh: ada orang naik kendaraan kemudian ada ular melintas di depan kendaraannya itu, maka orang yang bersangkutan lantas percaya begitu saja bahwa dirinya akan mendapatkan rintangan atau halangan. Hal demikian tentu tidak bisa dinalar atau dicerna akal. Bagaimana hubungan akan datangnya kecelakaan dan perihal ular melintas di jalan tersebut, apakah hal itu bisa dijelaskan ?

Gugon tuhon lain misalnya, ada orang lahir hari tertentu, jam tertentu, bulan dan tahun tertentu, maka nasib orang tersebut kemudian diramalkan bahwa kelak ia akan begini atau begitu. Apakah nasib hidup dan perjalanan hidup manusia ditentukan oleh hitung-hitungan atau othak-athik yang dilakukan manusia atas manusia? Hal macam ini sulit diterima nalar dan tidak jarang menjurus pada tahayul yang akhirnya mengabaikan peran Tuhan dalam laku hidup manusia. Orang tidak lagi menyandarkan dirinya pada ajaran dan kehendak Tuhan, melainkan berdasarkan hitung-hitungan yang dibuat manusia belaka.

Gugon tuhon lebih menggambarkan kepercayaan akan sesuatu yang tidak berdasarkan logika dan olahan akal budi. Kepercayaan yang dipercaya begitu saja tanpa memahami benar dalil-dalilnya. Aneka ramalan, tanda-tanda tertentu, gejala alam tertentu yang dikaitkan dengan bakal terjadinya sesuatu (gaib) sering berkaitan dengan gugon tuhon ini.

Source http://arsip.tembi.net/edukasi/gugon-tuhon http://arsip.tembi.net/edukasi/gugon-tuhon

Leave A Reply

Your email address will not be published.