Makna Pangkuan Di Dalam Prosesi Pernikahan

0 172

Makna Pangkuan Di Dalam Prosesi Pernikahan

Suku Jawa merupakan salah satu suku yang memiliki segudang tradisi leluhur yang mencirikan masyarakatnya. Hampir setiap peristiwa sakral dilakukan dengan ritual yang memiliki nilai-nilai yang tinggi. Karena itu, pernikahan pun tidak lepas dari prosesi adat Jawa yang mengandung makna dan filosofi  tinggi. Makna ini tentu akan mengiringi  kehidupan pengantin baru yang akan segera dijalani.

Berikut ini prosesi pernikahan adat Jawa yang terlihat amat sakral dan menarik. Selain itu, makna dari masing-masing prosesi mengandung simbol yang bikin merinding haru para pengantin.

Pangkuan

Prosesi ini dilakukan dengan duduk di pangkuan ayah mempelai wanita. Mempelai wanita duduk di sebelah paha kiri ayah. Sedangkan laki-laki di sebelah kanan paha ayah mertuanya. Makna dari upacara ini sebagai harapan agar kedua mempelai akan memiliki keturunan dan dapat dengan adil berbagi kasih sayang seperti sang ayah. Selain itu, prosesi ini berarti untuk menimbang bahwa tidak ada perbedaan kasih sayang untuk anak dan menantu.

Source https://www.boombastis.com/ https://www.boombastis.com/prosesi-pernikahan-adat-jawa/95764
Comments
Loading...