Makna Motif Batik Satria Manah Pada Acara Lamaran

0 64

Makna Motif Batik Satria Manah Pada Acara Lamaran

Solo merupakan sebuah kota ramai yang berada di wilayah provinsi Jawa Tengah. Sebagai kota yang masih masuk dalam Karesidenan Surakarta. Solo masih sangat lekat dengan budaya Jawa. “The Spirit of Java” merupakan slogan yang dimiliki kota ini. Slogan ini menunjukkan sebuah tekad mengakar untuk melestarikan budaya Jawa.

Selain dikenal dengan kekentalan adat Jawa, Solo juga dikenal sebagai ikon batik. Motif batik solo yang dihasilkan pun beragam. Bahkan batik Solo telah sampai ke pasar luar negeri. Tak ayal batik Solo menjadi salah satu daya tarik wisatawan ketika berkunjung.

Beberapa sentra batik Solo adalah kampung batik Laweyan, dan kawasan kampong wisata batik Kauman. Laweyan merupakan daerah perajin batik berasal. Batik sudah menjadi darah daging bagi masyarakatnya, dan biasanya diturunkan dari leluhurnya.

Satria Manah biasanya digunakan oleh pria saat melamar wanita yang dicintainya. Satria manah menggambarkan memanah sang jantung hati yaitu wanita yang dipilih sebagai istri. Diharapkan nantinya sang istri akan “bekti” dan menjadi pendamping hidup yang baik sebagai garwa (sigaraning nyawa/belahan jiwa).

Source https://thekurniabatik.wordpress.com/ https://thekurniabatik.wordpress.com/tag/satrio-manah/ https://ochabi.com/2016/10/14/ragam-dan-makna-motif-batik-solo-dan-yogyakarta-2-end/

Leave A Reply

Your email address will not be published.