Makna Motif Batik Cakar Ayam dalam Upacara Mitoni

0 83

Seperti namanya, cakar ayam melambangkan kemampuan dalam mencari nafkah dan semangat hidup, layaknya seekor ayam yang bisa mengais-ngais makanan sendiri dengan cakarnya di tanah. Dalam upacara mitoni, motif batik cakar ayam mengandung makna agar anak pandai mencari rezeki karena rasa tanggung jawab atas kehidupan anak-anaknya, sehingga kebutuhan hidupnya tercukupi. Dia juga tak pernah lelah mencari nafkah karena memiliki semangat hidup yang tinggi.

Korelasi motif batik cakar ayam dengan upacara mitoni yaitu makna dari cakar ayam itu sendiri dengan harapan orang tua kepada anaknya kelak. Sang anak dapat hidup mandiri seperti ayam, dengan pandai mencari rezeki untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Tentunya dia tak kenal lelah mencari nafkah, apalagi saat sang anak nanti sudah berkeluarga sehigga ia menjadi seorang yang bertanggungjawab terhadap keluarganya.

Dari bermacam-macam motif batik yang digunakan saat prosesi nyamping dalam upacara mitoni, semua batik tersebut mengandung harapan-harapan orang tua terhadap sang anak kelak. Semua harapan tersebut tentunya untuk kebaikan sang anak, menjadi seorang pribadi yang luhur dan didambakan oleh orang tuanya. Sebagaimana seorang anak merupakan titipan dari Yang Maha Kuasa, orang tua akan senantiasa mendoakan yang terbaik untuk anak-anaknya dan harapannya sang anak dapat membalas semua kasih sayang yang telah diberikan orang tuanya.

Source https://trisuharsihkusworo.wordpress.com/2015/12/05/essay-upacara-mitoni-dan-makna-motif-batik-yang-digunakan-dalam-upacara/ trisuharsihkusworo.wordpress.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.