Makna Mendalam Dari Makanan Jadah Dan Wajik di Acara Nikahan Adat Jawa

0 181

Makna Mendalam Dari Makanan Jadah Dan Wajik di Acara Nikahan Adat Jawa

Kebudayaan Jawa yang memiliki berbagai macam tradisi, membuat masyarakat memaknai segala macam aspek di kehidupannya. Mulai dari berperilaku, berpakaian, sampai makanan pun memiliki arti yang mendalam. Termasuk dalam pemilihan menu saat ramah tamah di acara pernikahan. Makna dan doa yang baik untuk pasangan mempelai terselip dalam sebuah menu.

Jadah dan wajik terbuat dari beras ketan. Bedanya, jadah biasanya berwarna putih dan memiliki rasa sedikit gurih. Sedangkan, wajik berwarna cokelat dan rasanya manis. Makanan tradisional khas Jawa ini kerap dijadikan makanan pembuka yang dihidangkan bersama teh.

Beras ketan sebagai bahan dasarnya terbuat dari beras yang keras pada umumnya. Hanya saja, setelah diolah menjadi makanan, teksturnya jadi lebih lengket dan merekat satu sama lain. Hal ini sebagai simbol doa agar pasangan suami-istri yang baru menikah selalu bersatu dan tak terpisahkan, layaknya beras ketan.

Source https://www.idntimes.com/ https://www.idntimes.com/food/dining-guide/berlian-rahmy/5-makanan-di-acara-nikahan-adat-jawa-1/full
Comments
Loading...