Makna Lagu Jamuran Jawa Tengah

0 3.145

Makna Lagu Jamuran Jawa Tengah

Lagu yang berasal dari provinsi Jawa Tengah, ditulis oleh Ki Hadi Sukatno, lagu ini terinspirasi dari permainan tradisional yang bernama samaawa lagu tersebut biasanya disebut dengan Jamuran.

Ada juga permainan jamuran biasa dimainkan 4-12 anak. Permainan jamuran biasa dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Biasanya lagu Jamuran ini digunakan untuk mengiringi dolanan jamuran yang di mainkan oleh anak-anak.

Pada permainan jamuran sendiri peralatannya cukup mudah dan tidak sulit di dapat, hanya membutuhkan halaman yang cukup luas. Anak-anak yang ikut bermain rata-rata berusia 6 sampai 13 tahun. Mereka sangat gembira dan penuh tawa bila sedang memainkan permainan yang satu ini. Permainan dan lagu dolanan ini sudah tidak asing lagi di telinga orang Jawa khususnya bagi anak-anak.

Lagu dolanan tidak hanya Jamuran saja masih banyak lagi lagu tradisional lainnya, selain itu di Jawa kaya akan tradisi dan juga kesenian yang menjadikan pulau Jawa memiliki ciri dan ke khasannya sendiri. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi orang yang berada di luar pulau Jawa.

 

Adapun lirik dan arti dari Lagu Jaranan yaitu sebagai berikut :

Jamuran

Jamuran ya gégé thok

Artinya : berjamur hanya Gege

Jamur apa ya gégé thok

Artinya : Jamur apa hanya Gege

Jamur gajih mbejijih sa ara-ara

Artinya : jamur beras Mbejijih di lapangan

Sira mbadhé jamur apa

Artinya : Kamu mau Jamur apa

Source Makna Lagu Jamuran Jawa Tengah silirik lagu
Comments
Loading...