Makna Kesuburan Dalam Simbolisasi Loro Blonyo

0 300

Makna Kesuburan Dalam Simbolisasi Patung Loro Blonyo

Daerah Jawa banyak yang bisa membuat patung salah satunya ialah patung Loro Blonyo.Patung ini adalah Sepasang patung yang merupakan pasangan pengantin Jawa yang duduk bersimpuh.Dan juga menggunakan busana gaya basahan yang mencerminkan ala pengantin keraton.

Pada patung tersebut yang pria menggunakan kain dodot sekaligus menggunakan mahkota,dan tanpa mengenakan baju.Sedangkan untuk pengantin wanitanya  memakai pakaian yang sama tetapi tidak menggunakan mahkota,dan bagian yang atas di balut dengan kemben.Dan keduanya di lengkapi dengan perhiasan yang di kenakan.

Pada beberapa rumah adat model Jawa tempo dulu, terutama pada rumah bergaya Joglo dengan struktur ruang lengkap, atau setidaknya memiliki bagian ruang yang disebut senthong,selalu menempatkan patung Loro Blonyo tersebut  pada senthong  atau kamar tengah-nya.

Ada dua makna yang di timbulkan dari penempatan tersebut ialah :
Pertama,keberadaan panil kayu di rumah penulis tersebut mampu membimbing ingatan tamu tadi kepada masa lalunya, yang masih membekas hingga sekarang, terutama dalam kaitannya dengan kelengkapan sebuah rumah.
Kedua,agar rumahnya tampak asri dan akrab, dan diberkahi kerukunan, mengandung makna doa dan harapan bagi penghuninya sehubungan dengan “usulan” ditempatkannya patung Loro Blonyo di bagian rumah tersebut.Patung Loro Blonyo merupakan patung yang banyak di cari oleh orang zaman sekarang yang merupakan bagi orang pecinta parang antik itu sangat indah.
 
Source Makna Kesuburan Dalam Simbolisasi Patung Loro Blonyo MENITI JEJAK MAKNA KESUBURAN DALAM SIMBOLISASI LORO BLONYO
Comments
Loading...