Makna Kerata Basa, Wedang : Gawe kadang / Ngawe kadang

0 634

Makna Kerata Basa, Wedang : Gawe kadang / Ngawe kadang

Kerata basa dapat dimaknai sebagai singkatan dari satu kalimat ke dalam satu kata tertentu, sehingga satu kata tersebut dapat menyiratkan makna kalimatnya. Kerata basa juga sering disebut sebagai Jarwa Dhosok, yang berarti  penjabaran/keterangan (jarwa) yang disingkat (dhosok/ndhesek). Kata “Kerata basa” sendiri berarti asal-usul arti kata dalam bahasa.

Orang jawa memang sejak dulu dikenal sebagai orang yang kreatif dalam hal Othak-athik gathuk (menghubung-hubungkan sesuatu agar cocok), tak terkecuali dalam merangkai kata sehingga memiliki makna yang lebih filosofis. Pemaknaan kata yang melekat pada ‘sesuatu’ inilah yang seringkali dijadikan sebagai bahasa simbol orang jawa dalam melakukan komunikasi, memberikan pepiling (peringatan) ataupun paweling (pesan) bagi orang banyak.

Kata Wedang banyak dipercaya berasal dari kata Gawe kadang (Menjadikan saudara), ada pula yang menyebutkan dari kata Ngawe kadang (memanggil saudara) dan ada juga yang mengartikan Aweto dadi kadang (semoga awet menjadi saudara). Jika ditilik dari dasanama atau padanan kata bahasa jawa, “We” berarti air dan “Dang” berasal dari kata adang yang artinya memasak, jadi wedang adalah air yang telah dimasak.

Memang dalam hal bersosialisasi dengan orang lain, air minum bisa dijadikan sebagai sarana  mempererat persaudaraan. Oleh karenanya tak heran apabila dalam jamuan resepsi pernikahan jawa Wedang dijadikan sebagai suguhan pembuka (disebut sebagai unjukan/minuman).

Source http://kesolo.com http://kesolo.com/kerata-basa-asal-usul-kata-kaya-makna/
Comments
Loading...