Makna Kerata Basa Kendhi: Kendhalining Budi

0 25

Makna Kerata Basa Kendhi: Kendhalining Budi

Kerata basa dapat dimaknai sebagai singkatan dari satu kalimat ke dalam satu kata tertentu, sehingga satu kata tersebut dapat menyiratkan makna kalimatnya. Kerata basa juga sering disebut sebagai Jarwa Dhosok, yang berarti  penjabaran/keterangan (jarwa) yang disingkat (dhosok/ndhesek). Kata “Kerata basa” sendiri berarti asal-usul arti kata dalam bahasa.

Orang jawa memang sejak dulu dikenal sebagai orang yang kreatif dalam hal Othak-athik gathuk (menghubung-hubungkan sesuatu agar cocok). Tak terkecuali dalam merangkai kata sehingga memiliki makna yang lebih filosofis.

Pemaknaan kata yang melekat pada ‘sesuatu’. Inilah yang seringkali dijadikan sebagai bahasa simbol orang Jawa dalam melakukan komunikasi, memberikan pepiling (peringatan) ataupun paweling (pesan) bagi orang banyak.

Kendhi (tempat minum yang terbuat dari gerabah/tanah liat), sering dimaknai sebagai Kendhalining Budi, (kendali atas hati dan pikiran manusia). Dari kendhi inilah orang jawa memberi pesan bahwa, air yang dimasukkan kendhi adalah air bersih, keluarnya juga suci dan bisa mensucikan. Manusia pun juga demikian, jika apa yang ia dengar dan pelajari adalah hal baik, maka apa yang akan diucapkan dan dilakukan adalah sesuatu yang baik.

Orang jaman dahulu memanfaatkan Kendhi sebagai tempat air minum. Ataupun sebagai tempat berwudlu seperti padasan (gentong kecil yang ada lubang airnya). Selain itu kendhi juga memiliki fungsi sosial. Dimana banyak orang yang meletakkan air minum dalam kendhi di pinggir jalan depan rumahnya. Siapapun yang lewat boleh dan bisa meminumnya sebagai pelepas dahaga.

Source https://javanist.com/ https://javanist.com/asal-usul-kata/

Leave A Reply

Your email address will not be published.