Makna Kerapan Sapi Madura

0 638

Makna Kerapan Sapi Madura

Entitas khusus budaya masyarakat Madura ialah Kerapan Sapi. Budaya ini tidak dimiliki oleh daerah lain.  Kerapan sapi dihelat sekali dalam setahun dengan beberapa tahap, tahapan tersebut ialah :

Kerapan sapi ditingkat desa. Pada tingkat ini sapi hanya dalam lingkup desa dan terdapat lima pasang pemenang kerapan sapi. Dari segi peringkat Kerapan Sapi ini mulai dari desa lalu kecamatan dan kabupaten lalu di ambil 10 untuk dilombakan Kerapan Sapi se-Madura.

Aturan Dalam Karapan Sapi  :

1.Waktu Kerapan Sapi

Dilakukan ditingkat desa, dikendalikan, diatur, dan dimobilisir oleh kepala desa dan perangkatnya. Termasuk dalam pengamanan acaranya sekalipun. Konsolidasi  mulai dari kepala desa, perangkat desa, tokoh masyarakat, dan para pemilik sapi dilakukan.

Hal ini dilakukan karena masyarakat Madura, tempramentalnya sangat peka dan mudah melakukan Carok apabila terjadi ketidak sepahaman antar satu dan yang lainnya. Perundingan yang menghasilkan mufakat untuk mengamankan acara kerapan sapi ini dibuat hitam di atas putih dan ditanda tangani oleh pihak terkait.

2.Kerapan Sapi ditingkat kecamatan

Dimobilisir langsung oleh camat dan perangkatnya, dibantu tokoh masyarakat, pemilik sapi dan orang-orang yang dibentuk oleh kecamatan. Resiko caroknya pun lebih kecil dari tingkat desa.

3.Ditingkat kabupaten

Dimobilisir langsung oleh Bupati yang bersangkutan, pengamanannya pun ekstra tegas dan ketat ketimbang tingkat desa dan kecamatan. Pengamananya oleh polres dan TNI. Serta resiko caroknya sangat tipis, bahkan nyaris tidak ada.

4.Kerapan Sapi se-Madura

Untuk penanggung jawabnya adalah Empat Bupati yang berada di Madura. Sedangkan untuk penonton yang masuk, diperiksa terlebih dahulu bawaannya sebelum masuk ke dalam stadion kerap, tidak berdesak-desakan kayak ditingkat kecamatan dan desa. Sudah tertata lebih rapi,  dan pandangan mata menjangkau lapangan mulai start sampai finis.

Source Makna Kerapan Sapi bagi Orang Madura kompasiana
Comments
Loading...