Makna Kambing Dalam Ritual Nyewu

0 656

Makna Kambing Dalam Ritual Nyewu

Dalam ritual Nyewu di kalangan masyarakat Jawa, terdapat unsur yang tidak boleh di lewatkan ialah kambing. Penggunaan binatang ini pasti mengandung pesan tertentu. Tidak mungkin masyarakat Jawa menggunakan binatang ini hanya karena kebetulan.

Seperti kata Geertz, bahwa setiap tindakan manusia merupakan sebuah upaya untuk menebarkan makna ke sekelilingnya, sehingga setiap tindakannya selalu memiliki makna tertentu (Geertz, 1992). Simbol dari binatang tersebut adalah :

Kambing
Kambing merupakan komponen yang sangat penting dalam ritual Nyewu. Sebagai perlengkapan Nyewu,
kambing selalu dipilih yang jantan dan terbaik. Pemilihan ini disebabkan para kerabat orang yang telah meninggal tidak menginginkan arwah kerabat mereka terlunta-lunta di alam sana. Dengan memberikan yang terbaik maka arwah juga akan merasa puas, sehingga diharapkan bisa terus memberikan bantuan kepada kerabatnya yang masih hidup. Masyarakat menganggap bahwa kambing sembelihan pada acara Nyewu diyakiniakan berfungsi sebagai kendaraan atau tunggangan arwah untuk menghadap Tuhan setelah selama seribu hari masih berada di alam ”dunia”.
Karena berfungsi untuk menghadap Tuhan selama-lamanya maka kambing yang di pilihpun tidak sembarangan. Masyarakat Jawa memiliki beberapa kriteria kambing yang layak sebagai tunggangan arwah menghadap Tuhan.
 
Hampir semua sisi kehidupan masyarakat Jawa, kambing jantan dianggap lebih baik dari pada betina. Salah satunya misalnya tampak pada kebanggaan dalam kepemilikan anak di dalam keluarga. Anak lelaki dianggap memiliki keunggulan dibanding anak perempuan. Selain itu dalam berbagai upacara adat,posisi laki-laki selalu di kanan atau di depan. Di dalam kisah-kisah pewayangan, tokoh atau pahlawan selalu di tampilkan sebagai sosok laki-laki, dan sebagainya.Dalam hal ini jantan dimaknai sebagai sebuah kemuliaan.
 
Kambing untuk keperluan Nyewu
Biasanya selalu dipilih yang memiliki warna bulu tubuh mulus atau polos, artinya bulu-bulu kambing tidak memiliki pola tertentu. Kemulusan warna kambing ini di akui masyarakat Jawa melambangkan ketulusan dan kepolosan hati.
Tanduk panjang
Dimana hal ini melambangkan kekuatan. Sebagai sebuah hewan tunggangan arwah tentunya dibutuhkan tunggangan yang kuat.
Source Makna Kambing Dalam Ritual Nyewu MAKNA KAMBING DAN MERPATI DALAM RITUAL NYEWU PADA MASYARAKAT JAWA
Comments
Loading...