budayajawa.id

Makna Kain Batik Sido Luhur Untuk Pernikahan Adat Jawa

0 9

Makna Kain Batik Sido Luhur Untuk Pernikahan Adat Jawa

Sejak dahulu, para leluhur mengenakan batik sebagai pakaian sehari-hari hingga pakaian kebesaran seperti acara pernikahan adat Jawa. Kain batik juga dikenakan oleh para kesultanan dan anggota kerajaan di Keraton. Tidak heran jika batik menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam masyarakat Jawa.

Pada acara pernikahan adat Jawa tidak bisa dilepaskan oleh kain batik yang dikenakan sebagai pelengkap gaun atau kebaya pernikahan. Untuk sebuah pernikahan, kedua mempelai dianjurkan untuk menggunakan kain batik bermotif yang diawali dengan kata “sida atau sido” yang berarti “jadi”. Karena motif batik yang melekat pada kain-kain Jawa menyimpan cerita dan filosofi yang berbeda.

Batik Sido Luhur berasal dari Keraton Surakarta. Batik Sido Luhur digunakan oleh mempelai wanita di malam pernikahannya. Sido Luhur memiliki makna keluhuran atau budi luhur yang dijunjung tinggi dalam hidup.

Keluhuran bermakna secara materi maupun non materi. Keluhuran materi mengandung makna hidup berkecukupan, mencukupi segala kebutuhan ragawi dengan bekerja keras sesuai pekerjaan, jabatan, pangkat/derajat maupun profesinya. Sedangkan keluhuran non materi antara lain terdiri dari keluhuran budi, tindakan serta ucapan.

Source http://www.seputarpernikahan.com/ http://www.seputarpernikahan.com/calon-pengantin-wajib-tahu-serba-serbi-makna-dibalik-kain-batik-untuk-pernikahan-adat-jawa/
Comments
Loading...