Makna Gunungan pada Upacara Grebeg Maulud

0 88

Gunungan terbuat dari berbagai macam hasil bumi seperti sayuran, buah-buahan,kue,tumpeng dan linn sebagainya. Dimana kesemua bahan tersebut sudah disucikan dan diberi mantra. Oleh karena itu gunungan dianggap mengandung kekuatan magis yang mampu menolak bala.

Ada enam macam gunungan:

1.Gunungan lanang (pria)

2.Gunungan wadon (wanita)

3.Gunungan gunungan gepak (tumpul)

4.Gunungan pawuhan (tempat sampah)

5.Gunungan dharat (bumi)

6.Gunungan kutug/bromo (api)

Apabila gunungan lanang diamati secara fisik, gunungan ini merupakan bentuk makro dari sesajian nasi tumpeng, dan sesajian nasi tumpeng ini adalah simbolisasi dari gunung dewata. Mungkin sekali simbolisasi ini bertolak dari konsepsi kepercayaan lama yang meyakini bahwa diatas puncak gunung adalah alam gaib tempat bersemayamnya arwah leluhur dan para dewa. Barang kali pemujaan pada arwah leluhur itulah yang mengilhami pembuatan sesajian berupa nasi tumpeng sebagai simbolisasi dari gunung dewata. Mungkin juga gunungan lanang merupakan stilisasi alat vital pria(phallus).

Jika diperhatikan, setiap sesajian gunungan lanang diseratai dengan sesajian nasi tumpeng yang ditempatkan dalam empat buah wadah. Itu merupakan salah satu bentuk ungkapan kepercayaan jawa,yang meyakini bahwa setiap insan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa selalu disertai oleh empat unsur sesaudara. Konsep itu dirangkum dalam ungkapan simbolis yaitu kadang papat kalima pancer. Selain semua yang tersebut diatas gunungan lanang menyimbolkan jagad beserta isinya yang terdiri atas unsur-unsur bumi, angkasa, api, anginte ,tumbuhan, insan, dan berbagai macam makhluk hidup lainya.

Source https://www.kompasiana.com/dihanrudiantoro/makna-gunungan-pada-upacara-grebeg_551ab10a813311627f9de101 www.kompasiana.com
Comments
Loading...