Makna Filosofi Tari Bondan

0 273

Makna Filosofi Tari Bondan

Tari Bondan adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari daerah Surakarta, Jawa Tengah. Tarian ini termasuk tarian klasik yang telah ada sejak lama. Tidak diketahui bagaimana asal mula sejarah kemunculannya tapi yang jelas, tarian ini sekarang sangat populer karena dianggap mewakili kehidupan wanita Jawa pada umumnya.
Tari Bondan banyak dipelajari di sanggar-sanggar tari yang ada di sekitar Jawa Tengah. Bahkan beberapa tahun terakhir, tarian ini juga menjadi salah satu bagian ekstrakulikuler yang dipelajar di sekolah-sekolah. Penasaran seperti apa keunikan dari tarian tradisional ini? Simak pemaparan sejarah, makna filosofis, ragam gerak, iringan musik, serta aturan-aturan dalam hal kostum dan properti yang wajib ada pada tari Bondan secara lengkap pada pembahasan berikut!
Tema dan Makna Filosofi
Tari Bondan secara umum merupakan sebuah sendra tari yang mengisahkan tentang kehidupan seorang ibu dalam mengasuh anaknya yang baru lahir. Kisah yang diangkat dalam sendra tari ini sendiri memiliki nilai filosofis tentang gambaran kehidupan wanita Jawa yang lemah lembut dan penyayang. Selain itu, pada salah satu versinya, yaitu versi Bondan Tani, tarian ini juga menggambarkan filosofis wanita Jawa yang mau bekerja keras dan tak kenal lelah.
Source http://indo2art.blogspot.com/ http://indo2art.blogspot.com/2016/11/tari-bondan-asal-surakarta-sejarah.html
Comments
Loading...