Makna filosofi jawa, Sepi ing pamrih, Rame ing gawe

0 180

Budaya jawa memang sangat kaya akan nilai nilai kehidupan, orang jawa terkenal dengan sopan santun, ramah tamah, jujur, ngalah, legowo, dan lain sebagainya. semua itu karena sejak kecil dididik dengan ajaran ajaran yang baik. maka tak heran jika para leluhur banyak yang memberikan nasehat “Sepi ing pamrih, rame ing gawe”.

Oleh karena nya, sebagai generasi penerus, kita harus terus nguri-nguri (merawat dan menjaga warisan leluhur) termasuk filosofi dari para leluhur. salah satunya adalah  sepi ing pamrih, rame ing gawe, apa sih makna dari falsafah tersebut?

Filosofi Jawa yang singkat namun sarat makna tersebut juga memiliki arti yang mendalam.

Sepi berarti sepi, ing pamrih berarti dalam pamrih. sedangkan rame ing gawe berarti ramai dalam pekerjaan. artinya sepi atau bisa dimaknai tidak mengharapkan  pamrih namun giat dalam bekerja.

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang senang dipuji, oleh karena, terkadang dalam pekerjaan kita hanya mencari muka ketika ada atasan, atau hanya bekerja giat ketika diawasi. masyarakat jawa yang menjunjung tinggi nilai nilai kejujuran, mengajarkan bahwa kita harus bisa bekerja tanpa mengharap pamrih.

Seseorang yang bekerja dengan penuh keihlasan tanpa pamrih meskipun tak ada yang melihat dan tak ada yang tahu ( sepi ), begitupula ketika sedang ada atasan atau sedang banyak orang, ia tetap bekerja seperti biasanya. bisa dikatakan filosofi ini menggambarkan seseorang yang tidak “mencari muka”.

Sepi ing pamrih, rame ing gawe juga bisa menggambarkan seseorang yang mencintai pekerjaan nya dan memberikan kemampuan terbaik untuk pekerjaan tersebut secara profesional.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari filosofi jawa tersebut adalah, kita harus bisa bersikap dan menjalani pekerjaan secara profesional. Terlepas dari semua tantangan dan realitas di tempat kerja, kita harus selalu merasa bangga dengan pekerjaan yang kita jalani dan bekerja sepenuh hati untuk kinerja terbaik.

Source http://wartajowo.blogspot.com http://wartajowo.blogspot.com/2018/08/makna-filosofi-jawa-sepi-ing-pamrih.html
Comments
Loading...