Makna Filosofi Bunga Telon

0 1.967

Makna Filosofi Bunga Telon

Bunga yang ada di Jawa ini salah satunya ialah Kembang Telon, yang juga kaya akan makna dan maksud yang terkandung. Kembang Telon adalah kumpulan bunga yang terdiri tiga macam bunga, yakni :

-Bunga mawar,

-Bunga kantil,

-Bunga kenanga.

Adapun arti dari kata Telon berasal dari kata telu (tiga), dengan harapan agar meraih tiga kesempurnaan dan kemuliaan hidup (tri tunggal jaya sampurna) yaitu :

-Sugih banda,

-Sugih ngelmu,

-Sugih kuasa  atau Kaya harta, Kaya ilmu, dan Kaya Posisi.

Arti dari Bunga Mawar adalah dari kata “ sabar ” yang memiliki arti agar kita selalu bisa dan mampu mengendalikan diri dengan kesabaran, tidak dikendalikan selalu oleh hawa amarah yang ada pada diri.

Sedangkan arti Bunga Kantil adalah bermakna “ eling ”, ingat akan sesama disekeliling kita, ingat akan keberadaan kita dan ingat akan apa yang kita percayai dan siapa yang telah menciptakan kita.

Ingat kepada orang tua dan orang-orang tercinta kita. Sehingga tidak akan lupa juga atas jasa orang tua yang telah di berikan pada diri kita sejak kecil.

Kalau arti dari Bunga Kenanga adalah bermakna “ tumengo ”, dalam arti kita harus bisa menengok ke kanan dan ke kiri, saling tolong menolong dengan sesama dan selalu bisa memaafkan.Bisa menolong orang lain adalah hal yang sangat berguna bagi orang tersebut selain itu kita yang menolong tidak harus berharap balasan, pasti semua itu sudah ada yang mengatur.

Source Makna Filosofi Bunga Telon madiun punyakita
Comments
Loading...