Makna Filosofi Bubur Merah Putih di Jawa

0 59

Salah satu panganan khas yang khusus dibuat pada saat merayakan perayaan tertentu adalah  bubur merah putih. Membuat bubur merah putih menjadi semacam ritual perayaan sederhana untuk menyambut kehadiran anak di keluarga Jawa. Makanan tradisi ini juga dibuat sebagai bentuk rasa syukur seseorang atas lahirnya anak dan hidup di dunia.

Setiap tradisi pasti memiliki suatu nilai yang berharga, tidak terkecuali dalam tradisi bubur merah putih yang sarat akan makna dan simbol. Secara implisit, bubur merah putih memiliki makna sebagai lambang kehidupan manusia di dunia, yang awalnya tercipta dari ayah dan ibu.

Dalam mitologi Jawa, bubur putih dimaknai sebagai “bibit dari ayah” atau sebagai simbol sperma “darah putih”. Sedangkan bubur merah sebagai simbol bibir dari ibu atau “darah merah”. Keduanya dipersatukan dalam wadah sebagai simbol lahirnya manusia baru.

Hal ini juga berkaitan dengan ‘weton’, atau hari lahir menurut penanggalan Jawa, Seperti pon, kliwon, wage, pahing yang masing-masing memiliki nilai simbolik angka yang disatukan dengan hari lahir. Seperti halnya perayaan ulang tahun, dengan kue tart-nya, maka tradisi weton pun selalu dilengkapi dengan kehadiran bubur merah putih.

Bubur merah putih ini biasanya disajikan untuk penghormatan juga harapan seorang yang memiliki hajat agar mendapat restu dan keselamatan saat menggelar syukuran kelahiran. Setelah dibacakan doa, bubur merah putih ini dibagikan pada tetangga dekat, agar harapannya para tetangga juga bisa ikut merasakan kebahagiaan dan ikut mendoakan untuk kesehatan bagi yang bersangkutan. Tak lupa, secarik kertas berisi nama sang bayi pun tak lupa dilampirkan.

Dalam suatu perayaan pastilah ada harapan yang diinginkan. Maka lewat bubur merah putih inilah sebuah harapan pun dicantumkan. Filosofi bubur merah putih adalah kedua bubur ini melambangkan keberanian dan kesucian; Merah (simbol dari keberanian) dan putih (simbol dari kesucian). Pada moment pemberian nama, kedua bubur ini merupakan simbol dari harapan keluarga, agar kelak si jabang bayi memiliki sifat berani serta selalu bertindak dan berada di jalan yang benar

Source https://www.sahabatnestle.co.id/content/resep/bubur-merah-putih-simbol-perayaan-sederhana-khas-indonesia.html www.sahabatnestle.co.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.