Makna Dupa Dalam Persembahyangan

0 333

Makna Dupa Dalam Persembahyangan

Salah satu yang ada untuk bahan ritual adalah dupa. Dupa adalah sejenis harum-haruman yang dibakar sehingga berbau harum dan menyala sebagai lambang Agni dan berfungsi sebagai:
  • Sebagai pembasmi segala mala dan pengusir roh jahat.
  • Sebagai saksi dalam upacara.
  • Perantara yang menghubungkan pemuja dengan yang dipuja

Dupa berasal dari Wisma yaitu alam semesta dan asapnya secara perlahan menyatu ke angkasa inilah sebagai perlambang menuntun umat agar menghidupkan api dalam raga dan menggerakkan menuju Sanghyang Widhi. Sehingga makna Dupa sangat dalam.
Api juga sebagai saksi upacara dalam kehidupan. Dalam persembahanya dupa sebagai saksi dan asapnya sebagai lambang gerakan rohani ke angkasa  para Dewa.
Dalam Mitos Hindu yang terdapat pada Lontar Siwa Gama dijelaskan saat rapat para dewa di Sorga yang dipimpin oleh Dewa Siwa, saat itu hadir pula Dewa Surya, oleh karena penampilan Dewa Surya sangat simpatik maka dewa Siwa memberikan sebuah  tugas agar mewakili dirinya di dunia yaitu sebagai saksi alam semesta.
Siwa Raditya merupakan gelar dari Putra Dwei. Begitu pula Dewa Surya mulai saat itu berguru padanya sehingga diberi nama Batara Guru.
Lontar Siwa Gama menyebutkan bahwa matahari sebagai ciptaan Tuhan dan saksi di dunia, Sehingga dari konsepsi ini merupakan dasar setiap upacara panca  selalu dibuatkan Sanggar Surya mengarah dimana matahari terbit sebagai tanda Siwa Raditya.Sehingga dupa memiliki suatu hal yang terkandung di dalamnya.
Source Makna Dupa Dalam Persembahyangan hindu alukta
Comments
Loading...