Makna di Balik Baju Sakera Khas Madura

0 867

Makna di Balik Baju Sakera Khas Madura

Baju Sakera

Bagi orang Madura tidak heran lagi dengan pakaian ini. Pakaian tersebut adalah bagian dari pakaian tradisional Madura yang disebut juga baju Sakera. Walaupun sering digunakan oleh penjual sate, pakaian ini mempunyai makna tersendiri.

Baju Sakera ini terdiri dari :

-Baju serta celana hitam longgar,

-Kaos garis-garis merah putih atau merah hitam,

-Dilengkapi dengan  tutup kepala, kain sarung, dan ikat pinggang.

Biasanya pakaian ini biasa dipakai oleh para laki-laki untuk busana sehari-hari maupun resmi.

Pesa’an dan Gomboran

Baju hitam longgar yang dipakai disebut Pesa’an. Biasanya pesa’an ini digunakan oleh guru agama atau molang. Tapi yang lebih menjadi ciri khas adalah pesa’an warna hitam. Untuk  celananya disebut gomboran.

Warna hitam melambangkan sikap gagah dan pantang menyerah. Ini merupakan sifat kerja khas dari rakyat Madura. Bajunya yang serba longgar melambangkan kebebasan dan keterbukaan orang Madura.

Makna kaos merah putih

Kaosnya yang bermotif garis dengan warna merah hitam atau merah putih,hal ini menjadi keunikan tersendiri. Sebenarnya gaya kaos ini terinspirasi dari pakaian pelaut Eropa.

Garis-garis merah dan putih atau merah dan hitam memperlihatkan sikap tegas yang dimiliki orang Madura. Mereka juga mempunyai semangat juang yang tinggi dalam menghadapi segala hal. Sehingga orang madura memiliki jiwa yang pantang menyerah.

 

Source Makna di Balik Baju Sakera Khas Madura bobo.id
Comments
Loading...