Makna Dari Makanan Lemper di Acara Nikahan Adat Jawa

0 271

Makna Dari Makanan Lemper di Acara Nikahan Adat Jawa

Kebudayaan Jawa yang memiliki berbagai macam tradisi, membuat masyarakat memaknai segala macam aspek di kehidupannya. Mulai dari berperilaku, berpakaian, sampai makanan pun memiliki arti yang mendalam. Termasuk dalam pemilihan menu saat ramah tamah di acara pernikahan. Makna dan doa yang baik untuk pasangan mempelai terselip dalam sebuah menu.

Tidak hanya di pernikahan, sebenarnya lemper sudah menjadi jajanan sehari-hari di Jawa. Dibuat dari ketan yang berisi ayam suwir dan dibungkus daun pisang. Lemper sendiri merupakan singkatan dari kalimat “Yen dilem atimu ojo memper”, yang berarti “Ketika dipuji, hatimu jangan sombong”.

Filosofi ini mengingatkan pengantin agar selalu rendah hati dan menjadi pribadi yang tidak sombong. Menilik dari artinya, suguhan orang-orang Jawa di acara pernikahan memang sarat makna yang indah. Untuk itu, pengetahuan tentang kelestarian budaya seperti ini jangan sampai hilang.

Source https://www.idntimes.com/ https://www.idntimes.com/food/dining-guide/berlian-rahmy/5-makanan-di-acara-nikahan-adat-jawa-1/full
Comments
Loading...