Makna Dari Makanan Es Putar di Acara Nikahan Adat Jawa

0 71

Makna Dari Makanan Es Putar di Acara Nikahan Adat Jawa

Kebudayaan Jawa yang memiliki berbagai macam tradisi, membuat masyarakat memaknai segala macam aspek di kehidupannya. Mulai dari berperilaku, berpakaian, sampai makanan pun memiliki arti yang mendalam. Termasuk dalam pemilihan menu saat ramah tamah di acara pernikahan. Makna dan doa yang baik untuk pasangan mempelai terselip dalam sebuah menu.

Pada zaman dahulu, hanya orang-orang kaya yang mampu menikmati es krim. Sebab, susu sebagai bahan es krim sangat mahal. Oleh karena itu, orang-orang mengganti susu dengan santan atau air sari kelapa. Hal ini menyebabkan rasa es krim ini lebih gurih dan segar.

Sedangkan, penamaan es putar, didapat dari cara pembuatannya. Kesatuan adonan es diputar-putar dalam alat pembuat es, sampai mengkristal. Makanan ini memiliki filosofi agar pengantin menjadi keluarga yang mampu keluar dari permasalahan dan setiap konfilik. Layaknya adonan es putar yang diputar-putar, tapi justru menjadi makanan yang menyegarkan dan favorit semua orang.

Source https://www.idntimes.com/ https://www.idntimes.com/food/dining-guide/berlian-rahmy/5-makanan-di-acara-nikahan-adat-jawa-1/full
Comments
Loading...