Makna Ayam Ingkung Bagi Pengantin Dan Keluarga Dalam Pernikahan Jawa

0 51

Makna Ayam Ingkung Bagi Pengantin Dan Keluarga Dalam Pernikahan Jawa

Dalam acara pesta pernikahan adat jawa tentu kita tidak asing lagi dengan acara panggih. Mulai dari idhak endog sampai sungkeman. Namun ada acara yang cukup menarik yaitu Sesajen Ingkung. Umborampe banyak diartikan oleh para sesepuh jawa yang tentu membawa kebaikan bagi semua pihak.

Namun bagi orang diluar Jawa tentu dapat berpendapat yang beda. Hal ini wajar karena factor awam terhadap adat serta keyakinan yang beragam. Mendengar nama acaranya saja yaitu Sajen Ingkung tentu saja ada yang berpendapat bahwa acara itu berkonotasi arti sesaji sesaji yang agak menyimpang dengan beberapa keyakinan.

Namun hal itu ditepis oleh pendapat para sesepuh jawa yang lebih mengerti argument mengenai acara2 tersebut. Namun disini kita melihat bahwa acara itu memiliki kemeriahan tersendiri dan banyak manfaatnya. Seperti dalam menyobek paha ayam ingkung itu, apakah mempelai wanita atau mempelai pria yang dapatnya lebih besar.

Ada yang berpendapat bila dapatnya lebih besar maka dia yang naksir pertama kali saat pertama kali berkenalan. Manfaat yang baik adalah ayam yang mengandung protein tinggi dimakan oleh pasangan pengantin, tentu ini akan menguatkan pengantin yang akan bersanding di pelaminan yang mungkin tidak akan sempat makan sampai acara selesai.

Source https://gitasalonriaspengantin.blogspot.com/ https://gitasalonriaspengantin.blogspot.com/2016/12/arti-ayam-ingkung-bagi-pengantin-dan.html
Comments
Loading...