Macan Kerah

0 172

Macan Kerah

Pada umumnya, rakyat Indonesia dikenal memiliki banyak macam ritual, baik dalam arti untuk menunjukkan rasa syukur atau untuk diberi keberkahan dan keselamatan. Tak terkecuali bagi masyarakat sekitar Jawa Tengah. Acara syukuran atau lebih umum dikenal dengan kata hajatan sudah sangat tidak asing di telinga masyarakat Jawa Tengah maupun masyarakat yang memiliki darah keturunan Jawa Tengah diseluruh penjuru Indonesia. Hajatan merupakan suatu acara yang cukup penting, yang menjadikan orang-orang yang merayakannya dirasa harus siap untuk menjalankan acara. Salah satu hal yang mendorong kesiapan seseorang dalam melakukan hajatan adalah dengan melakukan mandi dengan Macan Kerah.

Macan Kerah, atau dapat diartikan menjadi “Harimau Berkelahi” dalam Bahasa Indonesia, merupakan suatu jenis bunga yang biasa digunakan oleh orang jawa untuk mandi sebelum melakukan sebuah acara hajatan. Bunga Macan Kerah biasa dicampur dengan air lalu disiram ke seluruh tubuh orang yang akan melakukan hajatan. Mandi dengan Bunga Macan Kerah dipercaya dapat mengilangkan rasa letih dan dapat menyiapkan orang-orang agar acara hajatan dapat berlangsung dengan sangat baik dan lancar.

Selain itu, Bunga Macan Kerah juga dapat digunakan sebagai bahan jamu-jamuan. Jamu Macan Kerah dipercaya dapat memperlancar wanita-wanita yang tak kunjung dikaruniai buah hati agar segera hamil.

Jadi, Bunga Macan Kerah tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan untuk mandi, tetapi juga dapat digunakan sebagai jamu tradisional. Bunga Macan Kerah juga tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk mandi di acara-acara tradisional jawa, tetapi juga biasa digunakan untuk berendam untuk mempertahankan kecantikkan.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Macan-Kerah/
Comments
Loading...