Macam-Macam Wuku Jawa

0 796

Macam-Macam Wuku

Wuku yang ada di dalam Wewaran Jawa ialah sebagai berikut :

1.Wuku Pahing lahirlah Sadwara yaitu: Tungleh Aryang, Urukung, Paniron, Was, Maulu. Sesungguhnya Tungleh adalah Antabuta; Aryang adalah Padabuta; Urukung adalah Anggabuta; Paniron adalah Malecabuta;Was adalah Astabuta; Maulu adalah Matakabuta.

2.Wuku Bala lahirlah Saptawara yaitu: Radite, Coma, Anggara Buda, Wraspati, Sukra, Sanicara; sebenarnya adalah Sang Hyang Banu, Hyang Candra, Sang manggala, Hyang Buda, Hyang Wraspati, Bhagawan Sukra, Dewi Sori.

3.Wuku Kulantir, lahirlah Astawara yaitu: Sri, Indra, Guru, yama, Ludra, Brahma, Kala, Uma. Sesungguhnya adalah Batari Giriputri, Hyang Indra, Sang Hyang Guru, Sang Hyang Yama, Hyang Ludra, Hyang Brahma, Hyang Kalantaka, Sang Hyang Amerta.

4.Wuku langkir lahirlah Sangawara yaitu: Dangu, Jangur, Gigis, Nohan, Ogan, Erangan, Urungan, Tulus, Dadi. Sebenarnya Buta Urung; Jangur adalah Buta Pataha; Gigis adalah Buta Jingkrak; Erangan adalah Buta Jabung; Urungan adalah Buta Kenying; Tulus adalah Sang Hyang Saraswati; Dadi adalah Sang Hyang Dharma.

5.Wuku Uye, lahirlah Dasawara yaitu Pandita, Pati, Suka Duka, Sri Manuh, Manusa, Raja, Dewa, Raksasa. Sebenarnya Sang Hyang Aruna adalah Pandita; Kala adalah Pati; Smara adalah Suka; Durga adalag Duka; Sang Hyang Basundari adalah Sri; Kalalupa adalah Manuh; Sang Hyang Suksmajati adalah Manusa; Kalatangis adalah Raja; Sang Hyang Sambu adalah Dewa; Sang Kalakopa adalah Raksasa. (Transkripsi Lontar Bhagawan Garga.

Sedangkan dari Swastika berkembang menjadi lukisan Padma Anglayang, artinya tunjung terbang melayang-layang di awang-awang mengedari matahari. Daunnya yang delapan menjadi 8 (delapan) arah dari bumi yaitu :

1. Purwa (Timur).
2. Gneya (Tenggara).
3. Daksina (Selatan).
4. Nairiti (Barat Daya).
5. Pascima (Barat).
6. Wayabya (Barat Laut).
7. Uttara (Utara).
8. Airsanya (Timur Laut).

Sapta loka yaitu tingkat keempat dari atas atau dari bawah Sang Hyang Widhi itu disebut Loka Pala artinya pemimpin alam.

Di antara gelar-gelar Sang Hyang Widhi akan diuraikan tentang Nawa Dewata atau Dewata Sanga yang berhubungan langsung dengan Padma anglayang atau Pangider-ider sebagai berikut :

1. Sang Hyang Iswara bertempat di Timur.
2. Sang Hyang Maheswara bertempat di Tenggara.
3. Sang Hyang Brahma bertempat di Selatan.
4. Sang Hyang Rudra bertempat di Barat Daya.
5. Sang Hyang Mahadewa bertempat di Barat.
6. Sang Hyang Sangkara bertempat di Barat Laut.
7. Sang Hyang Wisnu bertempat di Utara.
8. Sang Hyang Sambhu bertempat di Timur Laut.
9. Sang Hyang Siwa bertempat di Tengah.

 

Source Macam-Macam Wuku pinandita sanggraha nusantara
Comments
Loading...