Macam-Macam Tari Serimpi

0 50

Macam-Macam Tari Serimpi

Tari Serimpi adalah salah satu tarian klasik dari Yogyakarta yang ditarikan beberapa penari wanita cantik dan anggun. Tarian ini menggambarkan kesopanan dan kelemah lembutan, yang di tunjukan dari gerakan yang pelan dan lembut oleh para penarinya. Tari Serimpi ini awalnya juga merupakan tarian yang bersifat sakral dan hanya ditampilkan di lingkungan Keraton Yogyakarta.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam tarian serimpi :

1. Tari Serimpi Sangupati

Tarian serimpi sangupati dimainkan oleh dua orang penari wanita. Tari serimpi sangupati diciptakan oleh Pakubuwono IX. Tapi sebenarnya, tarian ini adalah karya dari Pakubuwono IV yang memerintah Keraton Surakarta Hadiningrat pada tahun 1788-1820.

Kata sangupati itu berasal dari kata “Sang Pati” sebuah sebutan bagi calon pengganti raja. Tarian ini juga melambangkan bekal untuk kematian yang diperuntukkan oleh Belanda.

2. Tari Serimpi Anglirmendhung

Tari serimpi anglirmendhung merupakan tarian yang digubah oleh K.G.P.A.A Mangkunagara I. Yang semulanya terdiri dari tujuh orang penari, menjadi empat penari.

3. Tari Serimpi Ludira Madu

Tari serimpi ludira madu merupakan tarian serimpi yang diciptakan oleh Pakubuwono V ketika masih menjadi putra mahkota Kerakton Surakarta dengan gelar sebutan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom.

Tarian ini ciptakan untuk mengenang ibunda tercintanya yang masih keturunan Madura, yaitu putri Adipati Cakraningrat dari Pamekasan.

Ketika sang buda meninggal dunia, Pakubuwono V masih berusia sekitar 2 tahun dan masih bernama Gusti Raden Mas Sugandi.

Jumlah penari dalam tarian serimpi ludira madu ini adalah 4 orang putri. Dalam tarian ini menggambarkan sosok seorang ibu yang sangat bijaksana dan cantik seperti jelas dituliskan pada syair lagu serimpi ludira madu.

4. Tari Serimpi Renggawati

Tari serimpi renggawati merupakan salah satu jenis tarian putri klasik gaya Yogyakarta yang diciptakan oleh Sultan Hamengkubuwono V. Penari serimpi renggawati berjumlah 5 orang penari.

Tarian ini membawakan cerita petikan dari “Angling Darmo” yang magis dengan menggunakan tambahan properti sebatang pohon dan seekor burung mliwis putih.

5. Tari Serimpi China

Tari serimpi China merupakan salah satu jenis tarian putri klasik di Istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ada keistimewaan dan kekhususan yang terdapat pada tarian serimpi China.

Yaitu kostum yang digunakan para penari harus menyesuaikan dengan pakaian yang bermotif dari China.

6. Tari Serimpi Padhelori

Tari serimpi padhelori merupakan salah satu jenis tarian putri klasik gaya Yogyakarta yang diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwono VI dan VII. Properti yang digunakan dalam tarian ini berupa pistol dan cundrik.

Membawakan cerita yang bertemakan “Menak”, ialah perang tanding antara Dewi Sirtu Pelaeli dengan Dwi Sudarawerti. Sebagaimana dikisahkan dalam syair vokaliannya.

7. Tari Serimpi Pistol

Tari serimpi pistol merupakan tarian serimpi yang diciptakan oleh Hamengkubuwono VII. Tarian ini mempunyai keunikan yaitu menggunakan pistol sebagai propertinya.

8. Tari Serimpi Merak Kasimpir

Tarian ini merupakan salah satu jenis tarian putri klasik gaya Yogyakarta yang diciptakan oleh Sultan Hamengkubuwono VII.

Properti yang digunakan dalam tarian ini adalah pistol dan jemparing. Gending yang digunakan untuk mengiringi tarian ini adalah gending merak kasimpir.

9. Tari Serimpi Pramugari

Tarian ini merupakan salah satu jenis tarian putri klasik gaya Yogyakarta yang merupakan hasil ciptaan Sultan Hamengkubuwono VII. Tarian ini juga menggunakan properti pistol.

Source https://sahabatnesia.com/ https://sahabatnesia.com/tari-serimpi-jawa-tengah/
Comments
Loading...