Lomba Panjat Pisang Cibiru Wetan Jawa Barat

0 182

Lomba Panjat Pisang Cibiru Wetan Jawa Barat

Bagi bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus merupakan hari yang istimewa. Pada hari itu, sekitar 65 tahun yang lalu para pendiri bangsa memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Dan, mulai saat itu hingga sekarang setiap tanggal 17 Agustus seluruh rakyat Indonesia selalu merayakan hari kemerdekaannya.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, perayaan tidak hanya diisi dengan upacara bendera, tabur bunga dan atau acara renungan di taman makam pahlawan saja. Perayaan kemerdekaan juga dilakukan dengan mengadakan tirakatan, pentas seni, dan permainan-permainan (perlombaan dan pertandingan) antarwarga di sebagian besar wilayah Indonesia.

Salah satu dari sekian banyak permainan rakyat untuk memeriahkan hari kemerdekaan itu adalah perlombaan panjat batang pisang yang rutin diadakan oleh warga masyarakat Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Konon, perlombaan ini adalah perkembangan dari lomba panjat pinang yang sampai sekarang masih dimainkan oleh masyarakat di daerah lain. Strategi adaptasi untuk mensiasati semakin langka dan mahalnya pohon pinang membuat warga di daerah tersebut beralih menggunakan pohon pisang yang relatif masih banyak dijumpai.

Permainan panjat batang pisang dapat dikategorikan sebagai permainan remaja dan dewasa yang umumnya dilakukan oleh laki-laki berusia 15–23 tahun. Jumlah pemainnya antara 6–8 orang dalam bentuk kelompok dengan anggota maksimal 2 orang. Selain pemain, lomba panjat pisang juga menggunakan wasit untuk mengawasi jalannya perlombaan dan menetapkan pemenang.

Aturan dalam permainan ini tergolong mudah, yaitu setiap regu akan diberi waktu sekitar dua menit untuk dapat mencapai puncak batang pisang dan mengambil hadiahnya. Apabila suatu regu berhasil atau tidak berhasil mencapai puncak batang pisang, maka setelah waktu yang diberikan selesai mereka harus digantikan oleh regu yang lainnya. Begitu seterusnya hingga seluruh hadiah yang digantungkan pada puncak batang pisang tidak ada yang tersisa lagi.

Source http://uun-halimah.blogspot.co.id/ http://uun-halimah.blogspot.co.id/2010/06/perlombaan-panjat-pisang-cibiru-wetan.html
Comments
Loading...