Lima Konsep Hidup Masyarakat Sunda

0 53

Lima Konsep Hidup Masyarakat Sunda

Ada lima kata kunci yang sering digunakan atau dipakai orang tua masyarakat sunda, ketika mereka menasehati anak-anaknya. Kelima kata kunci itu adalah: Cageur, Bageur, beneur, singeur dan pinteur. Kelima kata kunci ini, akan penulis uraikan maknanya satu persatu berikut ini:

  1. Cageur. Kata ini mengandung makna sehat baik secara jasmani maupun ruhani. Akal yang sehat terdapat pada jiwa yang sehat. Orang Sunda dituntut memiliki kesehatan dalam berpikir, kesehatan dalam berpendapat, sehat secara perilaku dan selalu menjauhkan diri dari berpikir buruk terhadap orang lain.
  2. Bageur. Kata ini mengandung makna baik hati, memiliki rasa kasih sayang yang tinggi kepada sesame manusia, tidak pelit, tidak gampang emosi, memiliki jiwa penolong dan ikhlas dalam menjalankan hidup.
  3. Beneur. Kata ini mengandung makna cekatan dan pandai memanfaatkan momentum. Kata ini juga sering diterjemahkan dengan terampil dalam menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi. Orang Sunda akan penuh mawas diri meski bukan berarti selalu was-was, mengerti pada setiap tugas yang diberikan, suka mendahulukan kepentingan orang lain sebelum dirinya sendiri, pandai dan terbiasa menghargai pendapat orang lain.
  4. Singeur. Kata ini mengandung arti jujur, tidak suka berbohong, tidak mengerjakan sesuatu secara asal-asalan, amanah (dapat dipercaya), lurus menjalankan agama, benar dalam memimpin, berdagang, tidak memalsu atau mengurangi timbangan, dan tidak merusak alam.
  5. Pinteur. Kata ini mengandung arti bahwa orang Sunda harus memiliki ilmu baik dunia maupun akhirat. Dalam implementasinya, orang sunda umumnya tetap toleran terhadap siapapun yang berbeda keyakinan, pandai menyesuaikan diri dengan sesama, pandai mengemukakan dan membereskan masalah pelik dengan bijaksana, dan tidak merasa pintar sendiri apalagi menyudutkan orang lain.
Source https://www.lyceum.id/ https://www.lyceum.id/mengenal-lebih-dekat-budaya-sunda/
Comments
Loading...