Lempar Pulutan, Permainan Tradisional

0 12

Lempar Pulutan, Permainan Tradisional

Teman-teman semua pasti merasa asing dengan judul yang saya berikan diatas. Mungkin diantara kalian bertanya-tanya, apa itu pulutan? Pulutan atau yang nama ilmiahnya adalah Urena Lobata adalah sebuah tanaman herbal yang biasanya tumbuh liar di tepi jalan, di ekbun, ataupun persawahan. Tanaman ini juga  dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dalam tubuh. Di Malaysia sendiri ekstrak daun dan akar pulutan digunakan untuk mengobati malaria, gonorrhea, sakit gigi, reumatik, radang usus dan demam.

Namun, bukanlah hal tersebut yang digunakan oleh anak-anak yang tinggal di daerah Nganjuk, Jawa Timur, pada tahun-tahun silam. Anak-anak di Nganjuk lebih sering menggunakan buah Pulutan yang sudah mengering untuk dijadikan permainan.Permainan ini dilakukan dengan cara melempar buah pulutan yang sudah mengering hingga mengenai pakaian tim lawan. Buah pulutan yang sudah mengering memiliki karakteristik yang agak tajam dan bila mengenai baju akan sukar untuk dihilangkan. Permainan ini dilakukan oleh dua grup atau lebih yang saling berlawanan, biasanya satu grup terdiri dari tiga orang, walaupun tidak ada batasan jumlah pemain dalam satu grup.

Apabila salah seorang pemain terkena lemparan pulutan oleh lawannya maka ia akan dinyatakan keluar dari permainan. Permainan dinyatakan berakhir apabila seluruh pemain di salah satu tim telah habis dan keluar dari permainan. Untuk kembali mengulang permainan, para pemain harus membersihkan pulutan yang menempel pada bajunya terlebih dahulu. Walaupun terlihat tajam dan menempel pada baju, pulutan tidak sesulit itu dihilangkan kok.

Kalau dilihat lagi cara bermain lempar pulutan ini mirip banget dengan permainan kekinian yang namanya paintball, hanya saja permainan ini menggunakan hasil alam yang dapat diperoleh dengan mudah, sedangkan paintball menggunakan cat dan alat yang mirip dengan pistol. Wah ternyata meskipun tinggal di perkampungan, anak-anak Indonesia tidak berhenti membuat kreasi dari benda-benda sederhana ya? Namun nampaknya permainan ini sudah semakin dilupakan, bahkan terdengar asing. Padahal permainan ini seru loh, dan gak perlu bayar mahal untuk mencoba paintball. Oleh karena itu, marilah kita budayakan lagi permainan tradisional yang ada di Indonesia ini. Selain murah, mudah dan menyenangkan, permainan tradisional juga dapat memepererat solidaritas kita juga loh, jadi, ayo simpan gadgetmu dan mulai bermain permainan tradisional!

Source https://budaya-indonesia.org/Lempar-Pulutan-Permainan-Asli-Indonesia-yang-Mirip-Paint-Ball/ https://budaya-indonesia.org/Lempar-Pulutan-Permainan-Asli-Indonesia-yang-Mirip-Paint-Ball/
Comments
Loading...