Legenda Masyarakat Cisungsang Dan Tempat Tinggal Nyi Pohaci

0 40

Masyarakat adat Kasepuhan Cisungsang tinggal di sekitar Taman Nasional Gunung Halimun. Suatu wilayah di ujung selatan Provinsi Banten, tepatnya di Kabupaten Lebak yang berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Menurut pemimpin masyarakat adat Kasepuhan Cisungsang Abah Usep Suyatma, asal-usul masyarakat adat Kasepuhan Banten Kidul bermula ketika para sesepuh zaman dahulu bermusyawarah. Pada musyawarah itu disepakati 5 (lima) turunan mandiri kasepuhan adat. Satu kasepuhan berada di daerah Bayah, sedangkan saudara serumpun berada di daerah lainnya. Saudara serumpun itu dibagi menjadi dua istilah, yaitu dulur awewe (saudara perempuan) dan dulur lalaki (saudara lelaki).

Dulur awewe kasepuhan Banten Kidul adalah Cicarucub dan Citorek. Sedangkan dulur lalaki adalah Cisungsang (tua) dan Ciptagelar. Ciptagelar ini adalah satu-satunya kelompok masyarakat adat Kasepuhan Banten kidul yang terletak di Propinsi Jawa Barat, Kedudukannya semua sama.

Leluhur masyarakat Sunda adalah beragama Sunda Wiwitan dan merupakan masyarakat agraris, karenanya meski sebagian besar masyarakatnya telah menganut agama Islam, mereka meyakini keberadaan Nyi Pohaci (Dewi Sri) sebagai dewi kesuburan.

Upacara Seren Taun tak lepas dari dongeng leluhur adat yang pernah meminta Nyi Pohaci untuk tinggal di Cisungsang. Sang Dewi bersedia tinggal asalkan ia dihormati, dihibur, dan dimanjakan oleh masyarakat. Karena itulah upacara Seren Taun muncul.

Sementara itu, Yoki Susanto yang merupakan salah satu putu incu (anak cucu) Kasepuhan Cisungsang mengatakan bahwa masyarakat Cisungsang tidak migusti (mempertuhankan) Nyi Pohaci, melainkan mupusti yang berarti memelihara dan merawat alam. Masyarakat percaya bahwa Nyi Pohaci adalah alam itu sendiri, bahkan dilambangkan sebagai padi, karenanya sangat diagungkan.

Source https://merahputih.com https://merahputih.com/post/read/legenda-masyarakat-cisungsang-dan-tempat-tinggal-nyi-pohaci

Leave A Reply

Your email address will not be published.