Legenda Asal Usul Desa Tambakroto Kecamatan Kajen Pekalongan

0 187

Legenda Asal Usul Desa Tambakroto Kecamatan Kajen Pekalongan

Dahulu kala desa Tambakroto merupakan hutan belantara dan merupakan hutan yang sangat lebat. Desa Tambakroto berasal dari kata tambak dan papak, kata papak sendiri dalam bahasa Indonesia artinya rata (dalam bahasa Jawa roto). Zaman dahulu sebelum desa Tambakroto diberi nama tersebut, ada beberapa sesepuh di desa tersebut yang terhormat dan terpandang. Mereka adalah Kyai Tambak yang menguasai wilayah Tambakroto bagian timur, pangeran Papak menempati wilayah Tambakroto bagian utara, Bahurekso menempati wilayah bagian selatan, konon di bagian barat desa Tambakroto terdapat sebuah sumur yang bernama sumur sinangka yaitu sumur yang biasa digunakan untuk mandi para bidadari.

Semua penduduk di desa tersebut sangat patuh dan tunduk kepeda mereka, kehidupan setiap penduduk di desa tersebut sama rata, maksudnya kehidupannya tidak terlalu kaya dan tidak terlalu miskin. Hal itu dikarenakan setiap penduduk yang terlalu kaya maka akan disama ratakan oleh pangeran papak. Sehingga kehidupan desa tersebut damai dan tentram tidak ada kesombongan dan tidak ada orang yang kikir, sehingga dinamakan desa Tambakroto dan sampai sekarangpun kehidupan penduduk desa Tambakroto semua rata.

Source http://nanocampyut.blogspot.co.id http://nanocampyut.blogspot.co.id/2014/09/asal-usul-nama-desa-di-kecamatan-kajen.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.